Cara Mengatasi Bootloop di HP Xiaomi Mentok di Logo Mi

onlinemetro.id – Mengalami ponsel bootloop memang bukanlah hal yang mudah, kondisi tersebut mengharuskan ponsel melakukan proses booting berulang kali karena perangkat tidak dapat masuk ke dalam sistem sehingga layar ponsel menampilkan hanya logo ponsel saja.

Jika Anda mengalami hal tersebut, maka ketahui tips mengatasi HP Bootloop pada Xiaomi yang dapat dilakukan dengan mudah.

Tentunya, permasalahan ponsel bootloop disebabkan oleh banyak hal seperti mengalami kerusakan file sistem, gagal root, dan masih banyak lagi permasalahan lainnya yang menjadi penyebabnya.

Sebelum Anda membawa ponselnya ke konter HP maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu tips mengatasi HP Bootloop dengan mudah.

Dengan mengetahui cara mudahnya maka Anda dapat mengatasi HP Bootloop dengan cepat tanpa perlu mengeluarkan budget yang cukup banyak. Sebenarnya hampir semua tipe HP yang memiliki permasalahan bootloop dapat diatasi dengan cara yang sama.

Apabila Anda mengalami permasalahan bootloop pada ponsel Xiaomi maka sebaiknya ketahui cara mengatasinya, simak ulasan informasinya di bawah ini.

Sebelumnya Pahami Dulu Penyebab Bootloop

Ketika kita tau penyebab akan suatu hal, kita jadi bisa antisipasi agal hal tersebut tidak terulang kembali.Sama halnya dengan HP Xiaomi yang mengalami bootloop ketika kamu sudah tahu penyebabnya maka kemungkinan akan terjadi bootloop akan berkurang.

Berikut ini beberapa penyebab yang paling sering dialami :

  1. Kesalahan Kita Sendiri. Maksud dari kesalahan kita sendiri adalah biasanya karena ingin oprek hp misal root, ganti font, ganti tampilan, dan sebagainya. Kadang ada tweak atau mod yang ga cocok. Jadi menyebabkan kegagalan sistem.
  2. EMMC Lemah. Simpelnya EMMC itu adalah hardisk atau storage dari hp kita. Apa yang terjadi jika tempat menyimpan file sistem itu kadang bisa terbaca kadang tidak? Tentu hp kita tidak bisa booting atau bahkan berjalan normal.
  3. Gagal Upgrade. Pada kasus ini biasanya terjadi ketika kita coba upgrade OS. Namun ada kendala di prosesnya, misal kehabisan baterai atau hp restart tidak sengaja. Sehingga proses upgrade tidak sempurna.

Baca juga Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi MIUI 12 & 11 Semua Tipe

#1 Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Factory reset

Langkah pertama untuk mengatasi permasalahan Xiaomi Bootloop yaitu Anda sebaiknya melakukan Factory Reset.

Tetapi, pastikan bahwa ponsel Anda mempunyai kondisi bootloop ringan  atau ponsel masih dapat menyala dan masuk ke home atau menu utama, ponsel Xiaomi dengan chipset (SOC) Snapdragon dan MediaTek, baterai Xiaomi terisi lebih dari 70%.

Jika ponsel Anda mempunyai kondisi tersebut, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah factory reset sebagai berikut:

  1. Pertama, Silahkan matikan ponsel lalu tekan Volume atas + Tombol Power
  2. Setelah itu, pastikan bahwa ponsel dalam kondisi off selanjutnya lanjutkan tekan volume atas + tombol power bersamaan selama beberapa detik untuk masuk ke mode recovery.
  3. Lanjutkan melakukan navigasi dengan menggunakan tombol volume atau power
    Factory Reset
  4. Klik “Wipe Data”, selanjutnya “Wipe All Data”
  5. Klik “confirm” untuk menjalankan proses factory reset
  6. Setelah factory reset selesai dilakukan, klik “Back to Main Menu”
  7. Klik “Reboot”, selanjutnya “Reboot System”
  8. Lalu ponsel akan melakukan restart untuk masuk ke halaman home screen. Proses tersebut biasanya akan membutuhkan beberapa menit.

#2 Cara Mengatasi Xiaomi Bootloop Menggunakan Mi PC Suite China

Berikutnya, Anda dapat mengatasi permasalahan Xiaomi Bootloop dengan Mi PC Suite China yang sangat mudah.

Mi Pc Suite Cina

Tetapi, Anda harus memastikan ponsel dengan kondisi Xiaomi mengalami bootloop ringan atau ponsel masih dapat menyala dan masuk ke home screen.

Pastikan, ponsel sedang stuck pada logo MI, namun masih dapat masuk menu Mi Recovery, Xiaomi dengan chipset (SOC) Snapdragon dan MediaTek, dan Baterai Xiaomi terisi lebih dari 70%.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan laptop atau komputer dengan OS Windows 7 ke atas 32/64 bit, mengaktifkan Usb Debugging pada ponsel Xiaomi, dan kabel USB Original atau support media MTP, dan mengaktifkan Usb Debugging pada ponsel Xiaomi.

Jika semuanya sudah siap, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah pertama yaitu matikan ponsel
  2. Setelah itu, tekan volume atas + tombol power bersamaan selama beberapa detik untuk masuk ke mode recovery. Hal tersebut dilakukan untuk menavigasi ponsel Anda dengan menekan tombol volume atau power
  3. Klik opsi Connect with MIAssistant kemudian hubungkan Xiaomi dengan PC/laptop menggunakan kabel USB
  4. Klik “refresh” pada Mi PC Suite lalu klik “Select ROM Package”
  5. Klik “Quick Flash”, selanjutnya klik “Flash”. Proses ini dilakukan untuk menghapus data-data yang ada di ponsel Anda. Proses biasanya membutuhkan beberapa menit
  6. Apabila sudah selesai maka Anda akan melihat jendela File Explorer
  7. Klik file ROM Recovery berformat .zip yang tadi sudah diinstal lalu klik “open”
  8. Apabila Anda menemukan notifikasi seperti gambar berikut, silakan klik “OK”
  9. Nah, tunggu proses Verifying ROM Package selesai kemudian pastikan di tahap ini PC atau laptop Anda terhubung dengan jaringan internet
  10. Apabila Anda melihat tanda check list berwarna hijau di layar maka proses unduh sudah selesai
  11. Selanjutnya ponsel Xiaomi secara otomatis akan mengalami restart. Apabila proses restart selesai maka Anda dapat masuk ke halaman home screen.

#3 Flash Menggunakan Mi Flashtool

Berikutnya, Anda dapat mengatasi HP bootloop dengan Mi Flashtool. Sebelum menggunakan Mi Flashtool, pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel Anda dapat kondisi Xiaomi chipset (SOC) Snapdragon, Kondisi baterai terisi lebih dari 70%, dan Anda juga harus menyiapkan PC/Laptop dengan OS Windows 7.

Jangan lupa menonaktifkan driver signature, ROM Fastboot (.tgz), Android USB Driver, dan Bootloader Interface 15 Seconds ADB Installer, dan pastikan kabel USB Original dengan beberapa file Mi Flashtool.

Yuk, ketahui langkah-langkah yang harus Anda lakukan mengatasi HP bootloop:

  • Langkah pertama, Anda harus mengekstrak Rom fastboot yang sudah Anda download
  • Selanjutnya akan masuk ke mode fastboot, lanjutkan dengan menekan volume bawah + tombol power secara bersamaan selama beberapa detik sampai muncul logo Fastboot
  • Lalu, sambungkan HP Xiaomi Anda dengan PC atau laptop dengan kabel USB.
  • Selanjutnya masuk ke Device Manager. Apabila terdapat tanda seru (!) maka silakan ganti kabel USB lain dengan kualitas yang baik
  • Lanjutkan dengan menjalankan Miflash Tools dengan membuka folder XiaomiFlash
  • Klik file  XiaomiFlash.exe, selanjutnya klik kanan dan klik “Run as Administrator”
  • Klik “Select” dan arahkan ke folder hasil ekstrak Rom Fastboot
  • Klik “OK” dan refresh
  • Apabila ponsel sudah terhubung dengan benar maka akan muncul kombinasi huruf dan angka
  • Klik opsi “Clean All”
  • Klik “Flash” untuk menjalankan proses flashing
  • Selanjutnya tunggulah sampai proses flashing selesai
  • Apabila sudah selesai maka ponsel akan restart secara otomatis.

Demikianlah seputar penjelasan mengenai cara mengatasi Xiaomi bootloop yang cukup mudah untuk Anda coba. Selamat Mencoba.