Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi MIUI 12 & 11 Semua Tipe

onlinemetro.id – Setelah berdiskusi dengan beberapa pengguna hp xiapmi, menurut mereka komponen ponsel Android Xiaomi yang rawan mengalami penurunan fungsi pertam akali adalah baterai.

Apalagi saat Anda tidak merawat baterai kita dengan baik seperti bermain ponsel sambil dicas, mengisi daya terlalu lama, membiarkan HP dalam kondisi panas terlalu lama, dan lainnya.

Apabila Anda sering melakukannya maka ketahui cara cek kesehatan baterai Xiaomi untuk MIUI terbaru disini.

Tentu saja, Anda disarankan untuk menghindari hal-hal yang dapat merusak baterai HP karena saat kesehatan HPnya sudah menurun maka lama-lama akan rusak kemudian tidak dapat digunakan lagi seperti sedia kala.

Resikonya, para pengguna ponsel harus ganti baterai agar ponsel dapat digunakan secara efektif.

Tetapi, tidak semua pengguna Xiaomi akan menyadari tanda-tanda kesehatan baterai Xiaomi sudah tidak normal. Kebanyakan orang akan menyadarinya saat baterainya sudah dalam kondisi yang rusak sehingga harus menggantinya dengan yang baru.

Cara Mengecek Kesehatan Baterai HP Xiaomi

Ketahuilah bahwa versi MIUI terbaru saat ini adalah versi 12, Apabila ponsel Xiaomi Anda sudah update ke versi tersebut maka para pengguna tidak akan menemukan info kesehatan di menu setting maupun menggunakan kode dial *#*#4636#*#*.

Nah, begini 3 alternatif cara cek kesehatan baterai ponsel Xiaomi MIUI 12 :

#1 Gunakan Aplikasi Activity Launcher

Cara pertama untuk mengecek kesehatan baterai Xiaomi yaitu menggunakan aplikasi activity launcher yang tersedia di Play Store.

Jangan khawatir, para pengguna dapat mendownload aplikasi tersebut tanpa memenuhi kapasitas ponsel karena ukurannya hanya 240KB. Yuk, ketahui langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Instal aplikasi Activity Launcher dari playstore.
  2. Kemudian setelah didownload, buka aplikasinya lalu ketik di pencarian “Battery Info
    Ketik Battery Info
  3. Selanjutnya klik Battery Info dan akan muncul status kesehatan baterai anda saat ini.
    Info Kesehatan Baterai Xiaomi

#2 Kaspersky Battery Life

Kaspersky Battery Life menjadi salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk mengecek kesehatan baterai Xiaomi.

Selain itu, saat Anda menggunakan aplikasi tersebut juga bisa untuk menghemat baterai loh. Ketahuilah bahwa aplikasi ini menginformasikan kepada Anda apakah baterai dalam kondisi bagus atau mengalami masalah.

Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mengecek kesehatan baterai melalui baterai Kaspersky Battery Life:

  1. Mendownload aplikasi Kaspersky di Play Store
  2. Buka Aplikasinya lalu klik fitur monitor untuk mengecek setiap running application atau aplikasi yang sedang berjalan di HP Anda
  3. Setelah itu, Kaspersky Battery Life akan memberikan notifikasi kepada Anda mengenai aplikasi yang menguras kapasitas baterai menjadi cepat habis.

#3 Accu​Battery

Accu Battery tidak hanya dapat digunakan untuk mengecek kesehatan baterai, tetapi dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan penggunaan baterai Xiaomi.

Ternyata aplikasi ini efektif mengoptimalkan penggunaan baterai dengan memberikan notification saat ponsel melakukan pemborosan ponsel.

Nah, Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan menggunakan beberapa fiturnya. Ini dia beberapa fitur yang dapat Anda gunakan:

  1. Battery Health dan Chargespeed untuk mengecek dan membantu menjaga agar baterai pada smartphone selalu dalam kondisi yang bagus
  2. AccuBattery untuk mengisi daya baterai lebih cepat dibandingkan tanpa menggunakan aplikasi AccuBattery
  3. Stop Charging untuk membuat pengisian otomatis berhenti ketika baterai sudah penuh.

#4 Battery Repair Life PRO

Anda juga dapat cek kesehatan baterai Xiaomi dengan menggunakan battery repair life PRO yang dapat digunakan untuk melakukan kalibrasi ulang.

Tujuannya yaitu untuk mengembalikan kinerja baterai sehingga mampu digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut maka Anda dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Install aplikasi
  2. Setelah selesai menginstalnya, cek kondisi suhu, arus sekitar baterai, dan sisa baterai yang tersedia dengan mengklik pilihan opsi yang tersedia.

#5 Menggunakan Kode *#*#4636#*#*

Cara berikutnya untuk cek battery health Xiaomi adalah dengan menggunakan kode khusus yakni *#*#4636#*#*. Tentunya menggunakan kode tersebut dengan langkah-langkah mudah di bawah ini:

  1. Kode tersebut harus Anda input pada bagian fitur panggilan
  2. Seperti halnya sedang melakukan panggilan, Anda bisa langsung melihat hasil dari pengecekkan tersebut secara langsung
  3. Informasi yang diberikan sudah meliputi seluruh aspek terkait kinerja smartphone Anda, termasuk salah satunya adalah kesehatan baterai smartphone.Menggunakan Menu Pengaturan Sistem

Anda juga dapat mengecek kesehatan baterai menggunakan menu pengaturan sistem. Cara tersebut juga dapat Anda lakukan sekaligus untuk memeriksa kinerja aplikasi dalam smartphone. Yuk, ketahui langkah-langkah mudahnya di bawah ini.

  • Buka Menu Pengaturan/Setelan

Pertama, Anda harus membuka menu pengaturan atau setelan yang ada pada ponsel Android Anda.

  • Pilih Menu Tentang Ponsel

Pada bagian pengaturan, gulirkan kursor ke menu tentang ponsel atau about phone. Di bagian tersebut akan tersedia versi lengkap dan informasi mengenai smartphone Anda. Pengaturan lebih lanjut untuk smartphone juga tersedia pada bagian tersebut.

  • Pilih Bagian Versi Android

Bila telah berada pada menu about phone, silahkan Anda memilih menu versi android. Bukan hanya menampilkan informasi mengenai versi Android Anda, menu ini juga menampilkan cara untuk melihat kinerja smartphone Anda.

  • Pilih Single Item Test

Menu versi Android juga menampilkan pilihan untuk melakukan single item test. Menu tersebut berguna untuk melakukan berbagai jenis test pada smartphone dan bisa menjadi dasar diagnosa bila ada gangguan pada smartphone Anda.

  • Tunggu Hingga Tes Selesai Dilakukan

Hasil tes akan langsung muncul pada layar smartphone Anda. Kondisi baterai akan langsung tertulis pada bagian tersebut.

  • Lihat Test Result Pada Smartphone Anda

Bila telah melihat hasil test, kemudian Anda bisa langsung mengambil keputusan untuk  memperbaiki smartphone Anda. Bila hasil test menunjukkan hasil yang bagus, bisa diartikan bahwa Anda masih bisa menggunakan baterai dengan aman dan nyaman.

Demikianlah seputar ulasan mengenai cara cek kesehatan baterai Xiaomi yang mudah dan cepat untuk dilakukan.