Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal di Xiaomi

onlinemetro.id – Saat Anda akan menginstall aplikasi dari luar situr Google Play maka biasanya akan mengalami permasalahan kegagalan karena sumber yang tidak dikenal atau unknown source di ponsel Xiaomi Anda.

Unknown Source Xiaomi

Sebenarnya, masalah tersebut memang tergolong biasa, sehingga permasalahan tersebut juga dapat terselesaikan dengan cepat dan mudah sehingga Anda dapat menginstall berbagai aplikasi yang berasal dari luar aplikasi Google Play Store dengan bebas dan mudah.

Tetapi, sebenarnya Anda memang disarankan untuk menginstal dari luar Play Store karena dapat meninggalkan virus yang berbahaya untuk ponsel.

Boleh saja menginstall aplikasi tersebut, apabila memang benar-benar sangat dibutuhkan oleh Anda.

Ponsel Xiaomi masih  ada yang menggunakan MIUI 11 sehingga Anda diharuskan untuk melakukan perubahan setting di ponsel. Apabila Anda belum mengetahui caranya maka ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini:

Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi di MIUI 11

  1. Masuk ke menu Settings.
  2. Klik Menu Additional Setting.
    Kemudian scroll ke arah bawah, cari menu Tambahan atau Additional Settings
  3. Klik Additional Setting
  4. Apabila Anda kesulitan untuk menemukannya, maka dapat tap langsung tombol berbentuk lingkaran yang terletak di dekat Child Mode
  5. Kemudian scroll dan tap pada menu Privasi yang dapat Anda temukan pada bagian Perangkat Tambahan. Saat menu ini sudah diKlik, maka akan langsung dibawa ke dalam halaman baru
  6. Klik Privacy
  7. Pada menu tersebut, Anda akan menemukan pilihan menu Izinkan Pemasangan Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal
  8. Klik Unknown Source
  9. Biasanya pilihan menu tersebut, berada di bagian kanan halaman
  10. Nah, Anda klik tap On pada pilihan menu tersebut untuk mengaktifkan sumber tidak dikenal Xiaomi
  11. Saat pilihan menu tersebut sudah Anda aktifkan, maka Anda dapat menginstal aplikasi secara bebas dari luar Google Play Store
  12. Sebagai cara menonaktifkan perizinan pemasangan tersebut, Anda hanya perlu masuk ke dalam menu Perangkat Tambahan lagi dan tap ulang pada pilihan menu Izinkan Pemasangan Aplikasi dari Sumber tidak Dikenal.

Ketahuilah bahwa beberapa langkah tersebut sudah di-tested di device Xiaomi terbaru seperti pada ponsel Redmi 8, Redmi 9, Redmi Note 8 Pro danRedmi 9C.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya, Anda tidak perlu mengaktifkan sumber tidak dikenal di Xiaomi MUI 12 secara manual karena MIUI tersebut sudah mampu mendeteksi file Apk yang akan diinstall sehingga secara otomatis akan muncul pertanyaan untuk menonaktifkan sumber tidak dikenal dengan langkah mudah di bawah ini:

Baca juga

Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi MUI 12

  1. Langkah pertama klik menu Setting kemudian klik menu Privacy Protection
  2. Klik Menu Privacy Protection kemudian klik Special Permissions
  3. Klik Special Permission lalu klik Install unknown apps
  4. Lanjutkan dengan klik sumber aplikasi yang nanti dipakai untuk install apk. Disana saya sarankan Google Chrome, Apabila kalian install file apk itu dari Opera ya nanti Klik Opera ya
  5. Klik Chrome lalu klik Allow from this source
  6. Kemudian Klik Allow From This Source yang bertujuan untuk mengingatkan apakah kita yakin mengaktifkan ini
  7. Peringatan Warning kemudian tekan Accept
  8. Kemudian Geser fitur Allow from this source dengan hasil akhirnya berhasil.

Nah, cara tersebut memang sangat mudah, bukan? tentu saja cara tersebut sudah dicoba berhasil untuk semua jenis ponsel Xiaomi yang terbaru.

Cara Menginstal Aplikasi dari Luar Google Play Store

Ketahui bahwa dengan mengaktifkan sumber tidak dikenal maka Anda dapat menginstal aplikasi yang diinstall dari luar Google Play Store sehingga Anda tidak hanya menginstal aplikasi dari Google Play Store dapat terpasang secara otomatis.

Tetapi, Anda memang harus melakukan langkah mudah di bawah ini:

  1. Langkah yang pertama silahkan install terlebih dahulu aplikasi yang akan digunakan. Pastikan bahwa jenis file aplikasi yang diinstall tersebut adalah jenis APK. Jika sudah, tunggulah sampai proses install aplikasi selesai.
  2. Apabila muncul notifikasi proses install selesai maka disarankan untuk tidak menginstal file APK terlebih dahulu karena Anda perlu melakukan metode pengaktifan sumber tidak dikenal.
  3. Apabila sudah, maka lanjutkan dengan membuka folder di mana Anda menyimpan file APK yang sudah diinstall.
  4. Kemudian, tap untuk membuka APK.
  5. Tunggulah sampai proses instalasi selesai sampai aplikasi yang sudah diinstall tersebut dapat digunakan di ponsel Anda.

Itulah seputar penjelasan mengenai cara mengaktifkan sumber tidak dikenal di Xiaomi dengan cara yang mudah dan cepat. Selamat Mencoba.