METRO CIKARANG – Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi dan Desa Gempol Kolot, Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang, Jawa Barat berhasil mengukir prestasi di tingkat nasional dengan terpilihnya sebagai Desa Brilian.

Program Desa Brilian yang diinisiasi Kementerian Desa bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini akan menilai desa-desa di seluruh Indonesis yang dianggap tanggap, tangguh, serta tetap melakukan inovasi meski di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Selain Cipayung-Gemol Kolot, ada 12 desa di Jabar memenuhi kriteria penilaian Kementerian Desa, sehingga desa tersebut terpilih sebagai Desa Brilian mewakili 13 daerah Jabar. Yakni, Desa Cipunagara, Kecamatan Cisalak (Subang), Desa Cibeuruem, Kecamatan Kertasari (Bandung), Desa Ciptaharja Kecamatan Cipatat (Bandung Barat), Desa Mirat Kecamatan Luewimunding (Majalengka), Desa Ujunggebang Kecamatan Sukra (Indramayu), Desa Ambulu Kecamatan Losari (Cirebon).

Lalu, Desa Situraja Utara Kecamatan Situraja (Sumedang), Desa Kertayasa Kecamatan Cijulung (Pangandaran), Desa Sukaratu Kecamatan Banyuresmi dan Desa Sukalaksana Kecamatan Semarang (Garut) serta Desa/Kecamatan Cisayong dan Desa Naggerang Kecamatan Cigalontang (Tasikmalaya).

Kepala DPMD Kabupaten Bekasi, Ida Farida mengapresiasi atas prestasi Desa Cipayung yang lolos seleksi Desa Brilian. 

“Nah untuk kriteria seleksi, yakni adanya BUMDes yang aktif, digitalisasi ekonomi desa, inovasi untuk layanan publik atau peningkatan ekonomi. Kemudian, kepemimpinan dan kekompakan warga, serta ketahanan dan keberlanjutannya,” ujar dia.

Desa-desa yang terpilih akan mengikuti program inkubasi brincubator goes to desa brilian dari bulan September sampai November 2020 yang dilaksanakan secara Virtual.

(Jamil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here