METRO KARAWANG – Tiga Bacalbup Karawang, Cellica Nurrchadiana, Ahmad Zamkhsyari, dan Yesi Karya Lianti pernah berjuang alias seranjang bersama saat Pilbup Karawang 2015 lalu.

Tahun ini ketiganya bertarung saling mengalahkan— mereka ditaksir sudah mengantongi rahasia “kartu as” masing-masing lawan.

Cellica-Jimmy pada tahun 2015 lalu berhasil menang. Yessi Karya Lianti bersama keluarganya menjadi salah satu bagian tim di belakang Cellica-Jimmy.

Hubungan Cellica-Jimmy sebagi bupati dan wakil bupati aktif Karawang, sudah panas-dingan sejak setahun setelah mereka dilantik: ihwal sengkarut perekrutan tenaga kerja. Sedangkan Yessi yang diketahui merupakan adik dari mantan suami Cellica, Yedi Karya sangat baik alias lengket hubungannya dengan Cellica sampai sekira beres Pileg 2019.

Yessi bahkan sempat maju menjadi caleg DPRD Jawa Barat dari Partai Demokrat. Dalam beberapa kali blusukan ke warga sering berbarengan dengan Cellica, namun Yessi gagal terpilih.

Beres Pileg hubungan kedunya mulai pecah. Konflik internal disebut-sebutmenjadi bumbu keributan. Bahkan keluarga Yessi karya di sebuah rumah makan di Ciganea, Purwakarta terang-terangan deklarasi tak lagi mau mendukung Cellica: gantinya bakal memajukan langsung Yessi pada pilkada ini.

“Setelah deklarasi keluarga besar ini, kami akan terus melakukan konsolidasi dan komunikasi lintas partai politik,” kata mantan suami Cellica, Yedi Karya dihimpit puluhan keluarga mantan besan Cellica itu (1/2).

Kamis (20/8), para pimpinan parpol pendukung Cellica dan Aep Saepuloh serempak memposting foto bersama. Pengurus PKS bersama Cellic-Aep. Disusul pengurus NasDem juga berfoto bersama Cellica-Aep. Golkar pun tak mau ketinggalan, ketua DPD Golkar Karawang menunggah foto bersama Cellica, setelah beberapa hari sebelumnya Cellica terlebih dahulu memposting foto pertemuan dengan Ketua DPP Golkara Airlangga Hartato.

“Untuk sementara ini, ada empat partai yang sepakat mengusung Teh Celli (Cellica Nurrachadiana) sebagai bakal calon bupati pada pilkada nanti,”S,” tutur Wakil Ketua Bappilu Demokrat, Wawan Ismanto kepada awak media, (22/8).

“Pasangan Teh Celli dan Kang Aep ini sudah disepakati oleh empat partai yang berkoalisi,” timpalnya.

Para pendukung dan pendengung Cellica-Aep di medsos pun menyindir Jimmy yang malam itu belum menerima rekomendasi dari DPP Partai Gerindra soal pengusungan Jimmy (PKB) dengan kader Gerindra.

Baru pada esok harinya, Jumat (21/8) Ketua DPD Gerindra Jabar, Berigjen TNI (purn) Taufik Hidayat menjemput rekomndasi Jimmy yang ditandatangi langsung oleh Ketua DPP Gerindra Prabowo Subianti dan Sekjen, Ahmad Muzani.

Rekomendasi itu keluar untuk Jimmy berpasangan dengan kader perempuan Gerindra yang saat ini berstatus Anggota DPRD Karawang, Yusni Rinzani. Seretak pendukung, Jimmy juga Yusni membalas sindiran para pendukung Cellica di medsos.

“Kedua nama tersebut resmi diusung DPP partai,” kata Ketua DPD Gerindara Karawang, Ajang Sopandi kepada awak media, Jumat (21/8).

Tiga nama bakal calon bupati pasangan masing-masing bakal calon bupati. praktis hanya Aep Saepulloh yang merupakan orang lama yang juga ada di gerbong tiga nama bacalbup pada saat pilbup 2015 lalu. Yusni dan Aldy merupakan orang baru yang bukan bagian dari tim di belakang pemenangan Cellica-Jimmy pada lima tahun lalu.

Sementara itu, kader PDIP yang juga anggota DPR RI Anggota DPR RI, Rieke Diah Pitaloka menargetkan PDI Perjuangan mampu memenangkan Pilkada Karawang, Desember mendatang.

Rieke Diah Pitaloka mengatakan, PDI Perjuangan mempercayakan kepada Yesi Karya Lianti sebagai Cabup Karawang yang didampingi Adly Fairuz sebagai Cawabup. Sehingga, para pengurus dan simpatisan partai wajib memenangkan Pilkada Karawang, yang akan di gelar Desember 2020 nanti.

“Ada 5 pokok yang akan diberikan kepada masyarakat Kabupaten Karawang untuk solusi, agar Karawang lebih baik lagi,” kata Rieke dalam materi Raker.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono menyampaikan, para pengurus partai dari tingkat anak ranting hingga DPC dan Fraksi DPRD, agar solid bergerak memenangkan Pilkada Karawang 2020.

“Saat ini kita mulai memanaskan mesin partai. Kemudian, bukan hanya saja Karawang yang bekerja sendiri. Tetapi ada Purwakarta dan Kabupaten Bekasi yang akan ikut memenangkan Pilkada Karawang,” ujar Ono.

(Mahesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here