METRO PURWAKARTA – Jembatan penghubung Purwakarta-Subang, ambruk hingga menelan korban jiwa. Dia adalah Rohayati (44), warga Cihambulu, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengaku turut berduka cita atas meninggalnya warga Subang yang tertimbun jembatan ambruk penghubung Purwakarta-Subang, Jumat sore (3/4).

Ia bergerak cepat dengan meminta bantuan kepada pusat pembangunan jalan dan jembatan terkait kontur tanah termasuk melakukan kajian.

“Kita akan meminta kepada pihak pusat penelitian jalan dan jembatan, untuk meneliti kontur tanahnya, termasuk kajiannya jika membuat jembatan baru,” ujar Anne.

Selain jembatan tersebut, Ia juga memperhatikan dua jembatan lainnya yang aliran sungai di bawah jembatannya sama dengan jembatan ambruk.

“Ketiganya hampir mirip kondisinya dan kami akan meminta bantuan ke pusat jalan dan jembatan,” tegas Anne.

Annne menambahkan pihaknya telah memutuskan untuk menutup karena adanya pengerjaan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan (DPUBMP) untuk penahanan jembatan.

“Memang sedang dilakukan pengerjaan penahanan oleh pihak Bina Marga, hanya saja curah hujan termasuk tergerus oleh aliran air sungai, untuk sementara aksesnya kita tutup dulu,” tegas dia.

Adapun untuk pembangunan baru jembatan pengganti, Ambu Anne memasikan bahwa anggaran perubahan akan dialokasikan untuk pembangunan jembatan baru.

“Kan ini akses masyarakat, penting kan. Jadi pada anggaran perubahan kita buatkan untuk jembatan baru,” kata Ambu Anne. 

(Hasan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here