METRO KARAWANG – Kabaintelkam Mabes Polri Komjen Pol Ryco Amelka, mengunjungi PT. Multi Nitrotama Kimia (MNK) di Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC), Desa Kalihurip Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Kamis (6/8).

Ia didampingi Kapolres Karawang, AKBP Arif Rachman Arifin, Kasat Intelkam Polres Karawang AKP Rezky Kurniawan dan Kapolsek Cikampek AKP Endar Supriyatna. Rombongan diterima langsung Direktur Utama PT.MNK Ratno Paskalis, Direktur Teknik dan Produksi Cucuk Salahudin, General Manager Agus.

Ryco Amelka menuturkan kunjungan ini bertujuan untuk pengecekan PT. MNK Cikampek selaku produsen bahan peledak jenis Ammonium Nitrate (AN), Nitrid Acid (NA) dan Ammonium Nitrate and Fuel Oil (ANFO) guna antisipasi kejadian serupa di Libanon.

Di mana PT.MNK Cikampek terletak didalam Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC) merupakan perusahaan yang berdiri pada tahun 1989 bergerak dibidang produsen Ammonium Nitrate dengan produksi 120.000 ton/tahun dan tidak menyimpan Ammonium Nitrate dalam jangka waktu lama lantaran hasil produksi langsung dikirim ke gudang PT.MNK di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan pengguna akhir dan bersifat masih bahan baku.

“Jadi kegiatan ini berupa pengecekan meliputi pengecekan terhadap lokasi produksi dan gudang penyimpanan hasil produksi handak dan penyusunan penyimpanan serta jarak aman dengan lingkungan,” ujar dia.

Sementara itu, Kapolres Arif menamnahkan kunjunhan ini dalam rangka mengantisipasi dalam melakukan pengamanan penyimpanan bahan peledak jenis Ammonium Nitrate.

“Ya pasca kejadian kebakaran gudang Ammonium Nitrate yang mengakibatkan timbulnya ledakan dan korban jiwa di Beirut Libanon” tukas dia.

(Firmansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here