METRO KARAWANG – Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana menyatakan potensi penularan Covid-19 di wilayahnya semakin hari semakin tinggi.

Hal itu dibuktikan dari penambahan jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 dengan total jumlah 441 pasien.

“Selama satu minggu ini dari tanggal 7 September sampai 14 September terdapat penambahan sekitar 97 kasus baru dari 344 menjadi 441 orang terkonfirmasi positif. Jika dirata-rata, maka setiap hari ada 13 sampai 14 orang terkonfirmasi positif,” ungkap dia, Senin (14/9).

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar tidak menurunkan tingkat kewaspadaan Covid-19 dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan dari setiap kegiatan yang dilakukan. Menurutnya, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk sama sama memerangi wabah tersebut.

“Gugus tugas tidak akan bisa bekerja secara maksimal jika tidak terjadi sinergitas antara semua pihak dalam hal ini masyarakat untuk disiplin terhadap penerapan covid-19,” kata Fitra.

Dari hasil evaluasi tim GTPP Jawa Barat (Jabar) lanjut dia, Kabupaten Karawang saat ini tetap berstatus Zona Orange bersama dengan sejumlah daerah di Jabar lainnya seperti Cimahi, Tasikmalaya, Bandung Barat dan Majalengka, yang sebelumnya berstatus zona kuning naik menjadi zona orange.

Selain itu, Jabar saat ini fokus terhadap penanganan di klaster industri, mengingat di daerah di luar Karawang telah ditemukan sejumlah kasus yang berasal dari perkantoran maupun industri.

“Secara keseluruhan di Jabar mengalami peningkatan cukup tinggi. Angka lonjakan ini diprediksi berhubungan dengan masyarakat yang mungkin sudah jenuh dengan kondisi tersebut hingga akhirnya kurang disiplin. Kita lihat kemarin ada libur panjang terjadi lonjakan para pemudik sehingga menjadi transmisi penularan covid-19,” paparnya.

Sementara itu ia mengatakan ruang rawat untuk covid-19 menjadi 74 persen dari 218 bed yang tersedia untuk covid-19 saat ini telah digunakan oleh 162 orang.

(Mahesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here