METRO CIKARANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bakal menerapkan tanda pangkat kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Atribut tersebut nantinya akan dipakai di pakaian dinas harian (PDH).

Penggunaan tanda pangkat pada PDH berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2016 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 60 Tahun 2007 tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bekasi, Edward Sutarman mengatakan, saat ini aturan turunan masih digodok.

“Ya sehrusnya sih sudah diterapkan. Tapi kita akan bahas agar dibuatkan turunan peraturan semacam Surat Edaran Bupati atau Peraturan Bupati untuk penegasan,” katanya, Rabu (14/10/2020)

Edward menuturkan dalam waktu dekat ini, BKPPD bakal membahasanya bersama Bupati Bekasi dan Sekretaris Daerah untuk penerapan penggunaan tanda pangkat tersebut. Termasuk persiapan anggaran untuk pengadaan tanda pangkat ASN.

“Itu sudah jelas karena menjadi ketentuan. Maka kita buat aturan turunan dulu. Mudah-mudahan tahun depan diterapkan,” katanya.

Tanda pangkat yang bakal diterapkan pada ASN di Kabupaten Bekasi memiliki penjelasan, yakni pangkat pegawai golongan I, II, dan III, memiliki kesamaan bentuk yakni balok.

Bila pegawai golongan I maka pangkat balok satu, begitu juga untuk pegawai golongan II pangkatnya balok dua. Sedangkan untuk golongan III maka tanda kepangkatannya balok tiga.

Sedangkan untuk golongan I D, II D dan III D tanda kepangkatannya berbentuk melati satu. Perbedaannya hanya dari sisi warna yang menunjukkan jenjang golongan yang berbeda atau lebih tinggi.

Sedangkan warna pangkat untuk pegawai golongan I berwarna perunggu, golongan II berwarna perak dan golongan III berwarna emas.

Kemudian untuk golongan IV A berbentuk melati dua, IV B bentuk tanda kepangkatannya melati tiga. Sedangkan untuk golongan IV C, tanda kepangkatannya berbentuk bintang satu, golongan IV D berbentuk bintang dua dan IV E berbentuk bintang tiga.

(Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here