METRO CIKARANG – Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, meminta perusahaan di wilayahnya segera melaporkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 jika menemukan indikasi karyawan terkonfirmasi covid-19.

Eka mengatakan tingginya angka penyebaran covid-19 di sektor industri hingga separuh dari total kasus di wilayahnya salah satunya disebabkan manajemen perusahaan tidak kooperatif karena takut ditutup operasional usahanya.

“Sepanjang industri itu kooperatif terhadap gugus tugas tidak akan terjadi penambahan sampai tinggi. Maka kita imbau ke industri bahwa industri tidak akan ditutup lama kalau cepat lapor,” tegas Eka, Kamis (1/10/2020).

Ia menjelaskan saat menemukan satu atau dua kasus terkonfirmasi positif, seharusnya perusahaan segera melaporkannya kepada gugus tugas. Namun mayoritas perusahaan baru melaporkan ketika terjadi peningkatan kasus secara signifikan.

Menurut Eka, jika laporan dilakukan segera, maka langkah-langkah cepat langsung dilakukan agar tidak semakin meluas seperti menutup sementara kegiatan untuk melakukan sterilisasi dan pengetesan massal karyawan yang kontak erat.

“Harus ada langkah-langkah cepat, sterilisasi, di tes usap, diliburkan dulu baru masuk lagi. Maka butuh lapor cepat, jika telat lapor itu jadi fatal,” jelasnya.

(Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here