Kepala UPTD Cibarusah, Dr. Adi Pranaya

METRO CIKARANG – Upaya Pemerintah Kecamatan Cibarusah untuk menekan Covid-19 terus dilakukan, salah satunya melakukan rapid test dan swab test massal.

Kepala Unit Pelaksana Tehnik Daerah (UPTD) Puskesmas Kecamatan Cibarusah Dr. Adi Pranaya dengan lugas mengatakan, saat ini telah melaksanakan (kermarin, 31/8). untuk  pemeriksaan  yang kedua Tes Swab Masip dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) 

Sebelumnya juga di laksanakan pada Sabtu,(22/8) sebanyak 120 orang. Dari 120 orang ada yang swabnya 2 orang yang positif dan itu langsung kita lakukan isolasi.

“Selain dari pada waktu PCR tanggal 22 Agustus didapatkan juga tiga orang swabnya positif yang bukan dari hasil masip dari PT dan sebagainya. Untuk pemeriksaan yang dilakukan pada tanggal 31/8 belum ada haslinya karena baru satu hari mudah-mudahan dalam satu minggu kedepan hasilnya dan negatif semua ” kata Adi kepada Cikarang Ekspres, Selasa (1/9).

Dengan demikian, sambung Adi, Kecamatan Cibarusah ini ternyata kondisi dari pada positif sweb masih banyak. saat ini masih ada beberpa orang di rawat di Wisma PU atau di Bapelkes Cikarang.

“Dengan kondisi saat ini maka terapkanlah protokol kesehatan seperti jaga jarak, masker dan dispektan. dengan harapan mencegah resiko penularan covid-19,” jelasnya.

Pihaknya juga akan sweb dimana tidak hanya untuk tenaga kesehatan tapi juga pada Guru, Pesantren, Kecamatan, Desa, TNI dan Polri serta Organisasi Pemuda seperti Karangtaruna dan KNPI.

“Harapannya semua oang yang berpotensi berhubungan dengan masyarakat dapat dilakukan sempling pemeriksaan,” kata dia.

Sementara untuk yang akan mengadakan acara -acara meskipun sudah berupaya melakukan protokol tertap diimbau.

“Kita tidak bisa menamikpan, makan bersamapun bisa berpotensi menularkan. karena itulah jika memang harus makan bersama yang pasti jangan berhadapan, kemudian setelah itu menggunakan masker setiap saat,” jelasnya.

Diharapkan warga Kecamatan Cibarusah senantiasa melindungi dari resiko kematian, apalagi terkena covid-19. 

” Perlu dikatehui juga di Kecamatan Cibarusah ada beberapa orang yang meninggal akibat covid-19 baik di makamkan secara kekeluargaan di pemakaman masing-masing atau di makamkan di Pasir Tanjung untuk khusus covid-19,” pungkasnya.

(mil/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here