METRO CIKARANG – Kabupaten Bekasi melakukan sejumlah upaya antisipasi menghadapi lonjakan pasien Covid-19. Salah satunya dengan menyiapkan tempat isolasi pasien kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi dr Alamsyah mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang menyiapkan dua hotel yang berlokasi di Lippo Cikarang dan Jababeka.

“Kapasitasnya ada 200 kamar,” kata dia saat dikonfirmasi, Minggu (11/10/2020).

Meski demikian, dr Alamsyah masih enggan menyebutkan detail hotel yang dimaksud lantaran masih dalam proses verifikasi izin dari BNPB.

“Belum dioperasikan, masih nunggu BNPB,” ujarnya.

Adapun dua tempat isolasi saat ini yakni President University dan Wisma Ki Hajar Dewantara sudah penuh terisi pasien OTG yang menjalani isolasi.

Sementara itu, kapasitas tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 saat ini terisi sebanyak 70% yang mencakup ruang isolasi serta ruang Intensive Care Unit (ICU) dilengkapi dengan ventilator.

“Total tempat tidur ada 265, yang terisi 70% atau sekitar 185 tempat tidur,” ujarnya.

Lebih jauh dr Alamsyah mengatakan, peningkatan pasien Covid-19 di Kabupaten Bekasi masih didominasi oleh klaster industri dimana ada hampir 1000 kasus yang melibatkan lebih dari 50 perusahaan.

“Klaster industri ini memang yang terbanyak dibanding klaster keluarga dan lainnya. Upaya tes swab juga sudah dilakukan di semua perusahaan dan tracing terus kita lakukan,” tukas dia. 

(Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here