ilustrasi

CIKARANG PUSAT – 16 Kepala Desa (Kades) terpilih yang telah mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk masa jabatan 2021-2026 pada 20 Desember 2020, di jadwalkan akan dilantik pada hari Selasa 9 Februari mendatang.

Kasi Pemerintahan Desa (Pemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Dudi Iskandar mengungkapkan, Pelantikan 16 Kades terpilih di lakukan secara Virtual di Command Center Gedung Diskominfo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. 

“Iya kemarin (Selasa, 2/2/21,red) kita sudah rapatkan dengan para Camat, Kejari, TNI dan Polres. Nanti pelantikan dua kepala desa sebagai simbolisas disini (Command Center) yang lainnya di kecamatan masing-masing,” ungkap Dudi Kepada Cikarang Ekspres, Rabu (3/2/21).

“Untuk pelantikannya langsung oleh Bupati dan di saksikan unsur-unsur terkait,” sambung dia.

Dipilihnya dua desa untuk pelantikan di Command Center Diskominfo yakni, Desa Mangunjaya Kecamatan Tambun Selatan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak dan Desa Jaya Mukti Kecamatan Cikarang Pusat yang jaraknya dekat dengan Pemkab Bekasi.

“Iya, perwakilan dua desa tersebut di lihat dari jumlah DPT terbanyak dan desa terdekat dengan Pemkab Bekasi,” ujarnya.

Dudi menjelaskan, dengan dilantiknya kepala desa terpilih secara virtual, di harapan tidak terjadi kerumunan massa.

“Soal pengamanan dari pihak kepolisian sudah siap, mereka akan lebih mudah untuk mengantisipasinya. Ketimbang kalau semua pelantikannya di sini, karena semuanya pasti bawa massa,” tuturnya. 

Sementara itu, Camat Cibarusah Muhammad Kurnaefi mengatakan, pihaknya sudah siap mengadakan pelantikan kepala desa terpilih Desa Wiabawa Mulya di aula gedung serbaguna Kecamatan Cibarusah.

” Sesuai arahan DPMD, arahan Muspida, kita adakan pelantikan secara virtual di kantor kecamatan dan jumlahnya pun terbatas. Maksimal 20 hingga 25 saja,” kata Kurnaefi.

Selain itu, camat juga akan melangsungkan serah terima jabatan (Setijab).  “Makanya setelah pelantikan akan dilakukan setijab juga. Hawatirnya kalau setijab di lakukan di desa akan menimbulkan kerumunan juga dan itu sudah di komunikasikan juga dengan PJ dan Sekdes juga. Insya Allah siap,” tandasnya.

(mil/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here