METRO CIKARANG – Muspika Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi gelar kerja bakti di kampung pada Minggu (8/3). Kali ini giliran Kampung Babakan Demak, RT/RW 02/04, Desa Labansari yang diperbaiki tanggul yang tergerus air pasca banjir di Kecamatan Cikarang Timur, beberapa waktu lalu.

Kapolsek Cikarang Timur, Kompol Sumarjan menjelaskan, kegiatan kerja bhakti yang dilakukan anggotanya tersebut melibatkan puluhan orang warga. Semuanya bekerja bakti dengan memperbaiki tanggul sungai dengan ratusan bambu yang ditancapkan.

“Semuanya berharap dengan ditutupnya tanggul yang tergerus tersebut tidak terjadi lagi longsoran badan jalan di Desa Labansari ketika turun hujan lebat,” kata dia.

Sumarjan melanjutkan tindakan memperbaiki tanggul sungai yang tergerus air dengan ratusan bambu yang ditancapkan tersebut merupakan langkah sementara.

“Jadi kerja bakti ini sebatas memberi bantuan perbaikan tanggul sementara saja. Dan nanti perbaikan tanggul lebih permanen dilakukan oleh pemerintah daerah,” ucapnya.

Selain itu, sejumlah warga dibantu anggota Bhabinkamtibmas melakukan pembersihan sungai dari sampah dan rumput-rumpu liar sepanjang bantaran sungai.

Ini setelah banyaknya rumput liar dan sampah yang dibuang ke sungai mengakibatkan penyumbatan air sungai sehingga meluber dan membanjiri Desa Labansari.

“Tentu ini pelajaran berharga bagi warga untuk tidak lagi membuang sampah di sungai, karena dampaknya bisa menyumbat aliran air dan meluber menimbulkan banjir,” imbuh Sumarjan.

Ia berharap air sungai di Desa Labansari tidak lagi meluber setelah dilakukan pembersihan sehingga air menjadi lancar. “Tapi memang semua warga harus tetap waspada karena musim penghujan intensitasnya semakin meningkat saat ini,” tukas dia.

Camat Ciktim Ani Gustini mengapresiasi kekompakan semua pihak termasuk kesadaran warga untuk menjaga lingkungan. 

“Lebih baik mencegah daripada mengobati. Budaya kerja bakti atau gotong royong adalah tradisi warga Indonesia khususnya Kecamatan CikarangbTimur,” kata dia. 

(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here