Ketua Dewan Tekan LH Atasi Overload Sampah

METRO CIKARANG – Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Aria Dwi Nugraha mendesak Dinas Lingkungan Hidup memiliki inovasi mengatasi permasalahan overload sampah di TPA Burangkeng. 

“Dinas LH harus punya inovasi untuk mengatasi persoalan sampah yang oper kapasitas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng,” kata Aria. 

Aria juga sudah menyampaikan pendapat ke dinas terkait agar permasalahan sampah tersebut segera diatasi.

“Kami sudah menyampaikannya ke eksekutif, khususnya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi saat rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) agar permasalahan itu diatasi,” tuturnya. 

Ia menambahkan, Pemkab harus bertindak cepat menjawab persoalan masalah sampah di Kabupaten Bekasi, karena ada perkiraan TPA Burangkeng yang overload hanya bisa nampung sampah dua tahun mendatang.

“Kami masih menunggu inovasi Pemkab Bekasi menjawab kegelisahan masyarakat terkait program penanganan sampah tersebut. Soal uraian teknisnya, diserahkan sepenuhnya kepada eksekutif,” katanya. 

Menurut dia, kegelisahan masyarakat soal penanganan sampah itu harus dijawab segera mungkin. 

“Persoalan diperluas lahanya dengan dasar pertimbangan yang matang, monggo. Yang penting buat kami persoalan sampah terjawab,” pungkasnya. 

Perlu diketahui, Menurut Maulana Kepala UPTD TPA Burangkeng, lokasi penampungan sampah di TPA Burangkeng saat ini hanya mampu menampung sampah hingga dua tahun kedepan. Alasannya, luas lokasi hanya 10,6 hektar. Untuk itu, dia berharap Pemkab Bekasi segera memikirkan solusinya.

“Dengan luas lokasi penampungan sampah Burangkeng seluas 10,6 hektar, perkiraan hanya bisa nampung dua tahun kedepan dan harus dipikirkan solusi selanjutnya,” katanya. 

Maulana juga mengakui bahwa TPA Burangkeng saat ini sudah overload atau oper kapasitas. Hal itu, kata dia, sudah terjadi sejak tahun 2014. Dia juga sependapat jika dilakukan perluasan ke Bojongmangu untuk mengantisipasi over kapasitas.

“Sejak saya disini, TPA Burangkeng sudah overload sejak tahun 2014. Dan saya sudah hampir lima tahun bertugas sebagai Kepala UPTD TPA Burangkeng. Bisa juga dicanangkan teknologi pengelolaan sampah. Pada saat saya study banding ke Tangerang, disana ada mesin pengolahan sampah  yang didatangkan dari luar negeri,”tandasnya.

(har/uzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here