METRO CIKARANG – Kepengurusan Esports Indonesia (ESI) Kabupaten Bekasi bertekad ikut ambil bagian, mendukung prestasi Esports Jawa Barat (Jabar).

Satu di antaranya, cabang olahraga (cabor) game online ini bakal dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jabar Tahun 2022, serta melahirkan atlet yang akan menjadi andalan Jabar untuk PON 2024 di Sumut dan Aceh.

“Tanggung jawab besar untuk melahirkan talenta atlet berkualitas bagi Kabupaten Bekasi dan Jabar,” kata Ketua Umum ESI Kabupaten Bekasi, Jiovanno Nahampun kepada wartawan.

Ia menjelaskan, ESI Kabupaten Bekasi sedang merancang berbagai program kerja, yang sudah disusun harus sudah mulai dilakukan dan dikerjakan untuk perkembangan dan prestasi Esports di Kabupaten Bekasi.

Untuk Porprov XIV Jabar tahun 2022, Jio -sapaan karib Jiovanno Nahampun- menegaskan, jika pihaknya akan terus mendorong cabor ini bisa dipertandingkan. Berbagai alasan pun mendasari pihaknya, agar Esports menjadi cabor yang dipertandingkan pada ajang multieven olahraga terakbar di Provinsi Jabar ini.

“Esports ini kan sudah dipertandingan di Asian Games 2018, ditambah banyaknya talenta atlet di Jabar,” ucap dia.

“Karena itu, kita akan dorong Esports dipertandingkan di Porprov 2022, sekaligus menjadi persiapan menghadapi PON 2024 dimana cabang olahraga ini kemungkinan besar dipertandingkan,” tambah dia.

Sementara itu, Ketua Umum ESI Jabar, Dedy Agus Purwanto mengatakan, kepengurusan esports kota/kabupaten diharapkan, bisa segera bergerak dalam melakukan penjaringan atlet potensial. Dimulai dari ajang kompetisi, maupun upaya lain yang dilakukan setiap jajaran kepengurusan.

“Secara keseluruhan dari 27 kota dan Kabupaten di Jabar, semua sudah terbentuk kepengurusannya dan tinggal proses pelantikan. Setidaknya tinggal delapan kota dan kabupaten yang belum dilantik, meski dari sisi program kerja sudah berjalan dengan melakukan berbagai kegiatan,” ujar dia.

Melalui penjaringan di tingkat kota/kabupaten, lanjut dia, pihaknya pun akan meramu dan membina para atlet untuk dipersiapkan membela nama Jabar. Dimuali, di ajang kejuaraan nasional atau di ajang PON 2024 yang rencananya akan mempertandingkan cabang olahraga Esports.

“Jabar kan memiliki berbagai kelebihan, sehingga Esports Jabar pun harus memiliki kelebihan dibanding provinsi lain. Talenta atlet Esports di Jabar ini kan sangat banyak,” paparnya.

Target lain ESI Jabar, lanjut Dedy, yakni pengesahan secara resmi sebagai anggota KONI Jabar, pada saat RAT KONI Jabar 2020 yang akan digelar Senin-Selasa (14-15/12/2020). Pihaknya pun yakin, ESI Jabar bisa diterima dan resmi disahkan sebagai anggota baru KONI Jabar.

“Meski secara organisasi masih baru, tapi sebenarnya olahraga ini sudah ada dan sudah dipertandingkan sejak lama. Jadi kita harap di Porprov 2022 bisa dipertandingkan,” kata Kepala BIN Provinsi Jabar ini.

Perlu diketahui, Cabanv Olahraga (Cabor) Esports Indonesia (ESI) Kabupaten Bekasi bersama ESI Kabupaten Sumedang, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Cimahi dan Kabupaten Subang, diresmikan oleh Ketua ESI Jabar, Dedy Agus Purwanto di Gedung Technopark, Baros, Kota Cimahi, Sabtu (12/12/2020).

(Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here