BANSOS: Penanggung jawab (PJ) Kepala Desa Wibawamulya Ganda, foto bersama dengan KPM BLT dana desa, Kamis (16/7)

METRO CIKARANG-Desa Wibawamulya, Kecamatan Cisarusah, menyalurkan program bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD) ke dua tahap pertama di bulan Juli.

Dana yang di gunakan untuk BLT ini bersumber dari Dana Desa (DD). Yang di gunakan untuk mengurangi dampak ekonomi warga akibat covid-19. Besarannya 600 ribu per bulan selama tiga bulan yakni Mei, Juni dan Juli.

Penanggung jawab (PJ) Kepala Desa Wibawamulya Ganda, mengatakan penyaluran BLT kedua di tahap pertama ini secara transfer lewat rekening Bank Bjb masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM).

“ Alhamdulillah sudah di realisasikan kartu ATM nya. Jadi untuk penyaluran BLT yang kedua ini dan selanjutnya langsung di transfer dari rekening desa ke penerima BLT, “ katanya kepada onlinemetro, Kamis (16/7).

Adapun pembagian ATM langsung dari pihak Bank Bjb dan ATM tersebut sudah ada saldonya 600 ribu. Jadi, dengan penyaluran lewat ATM pihak desa hanya menginformasikan ke KPM kalau saldo BLT sudah di transfer.

“ Nanti tidak ada kumpulan lagi untuk pembagian BLT selanjutnya, karena sudah melalui transfer ke rekening masing-masing KPM, “ katanya.

Selain itu, kata Ganda, untuk penyaluran BLT yang ke tiga tahap pertama ini ditargetkan rampung akhir Juli.

Selanjtnya, untuk penyaluran BLT DD tahap kedua tidak sebesar 300 ribu rupiah per KPM selama tiga bulan yakni Juli, September dan November.

Adapun untuk penyalurannya kita adakan musyawarah desa (Musdes) terlebih dahulu dengan badan permusyawaratan desa (BPD), pekerja sosial masyarakat (PSM) dan pihak yang terkait dalam usulan APBDes.

“ Jadi kita tetap di musdeskan karena sudah ada surat edaran dari DPMD untuk perubahan APBDes,” tandasnya.

Seperti diketahui, jumlah penerima BLT DD di Desa Wibawamulya sebanyak 248 KPM denganpagu anggaran mencapai 449 juta rupiah.

(mil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here