PERESMIAN: Camat Cikarang Selatan, Agus Dahlan memberikan piagam peresmian Rumah Pintar kepada perwakilan PT. Ejip. Minggu (7/2/21).(foto:ALMU JAMIL/CIKARANG EKSPRES)

METRO CIKARANG-Kecamatan Cikarang Selatan berkerjasama dengan Forum Anak Cikarang Selatan (Forciksel), Corporate Sosial Responsibility (CSR) Kawasan Industri Ejip dan PT.Lippo Cikarang memebntuk Rumah Pintar (Rumpin) Inklusi di Taman Sentosa Rt 006, Desa Sukaresmi, Kecamatan Cikarang Selatan. Rumpin tersebut untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus dan anak-anak yang putus sekolah.

“ Jadi lewat rumpin ini kita akan  bina terhadap anak-anak yang berkebutuhan khusus, seperti tuna netra, tuna runggu  dan yang lain-lainnya supaya mereka punya kemampuan  dan tidak terpinggirkan, termasuk anak-anak yang putus sekolah. lewat rumpin ini kita didik supaya nanti mereka setelah belajar mendapatkan ijazah sepeti lulusan SMP maupuan SMA,” Ungkap Camat Cikarang Selatan, Agus Dahlan usai acara peresmian Rumpin, Minggu (7/2/21).

Selain untuk belajar, rumpin juga di pergunakan untuk mengembangakan atau membina anak-anak remaja seperti menari, menyanyi, main musik dan transper ilmu. “ Jadi banyak kegunaannya yang bisa dilakukan di sini,” ujarnya.

Agus menyebut, keberadaan Rumpin baru ada di dua lokasi yakni, di Desa Sukaresmi dan Desa Sukadami. Kedepannya mudah-mudahan semua desa bisa membentuk rumpin.

Ditempat yang sama, Pendamping Forum Anak Kabupaten Bekasi, Rahma mengungkapkan, Rumpin merupakan wadah dimana forum anak terlibat untuk mengoptimakan kemampuan bakatnya. Rumpin ini di kelola oleh Forum Anak Cikarang Selatan (Forciksel).

“ Mereka berbagi kepada teman-temannya atau adek-adenya, kaka-kakanya. Missal, ada yang bisa berbahasa jepang mereka ngaajarinya bahasa jepang, ada yang bisa menari mereka ajarkan untuk menari, ada yang bermain music mereka ajarkan untuk bermain main musik,” tutur Rahma.

Artinya, kemapuan bakat mereka akan tereksplor  oleh teman-temannya. Dan teman-temannya pun yang mungkin tidak pernah mendapatkan, dia dapatkan dari teman-temannya yang ada di rumpin ini .

“ Jadi rumpin  ini dari mereka oleh mereka dan untuk mereka. Dan alhamdiliah di support  oleh camat sebagai Pembina Rumpin dan Pembina forum anak,” ujarnya.

Rahma menjelaskan, Di rumah pintar ada 5 sentra, salah satu contohnya  seperti  sentra posyandu dan berkerjasama dengan puskesmas, artinya semua yang ada di masyarakat kita berdayakan.

Terus ada juga sentra literasi, nanti kita kerjasamakan dengan penulis buku dan macam-macam.   Intinya rumah pintar ini menjadi wadah kesempatan mereka berkreasi, beraktifitas ke arah yang lebih positif.

“ Dan yang utamanya lagi di bidang pendidikan akan membantu anak-anak berkebutuhan khusus untuk bisa bersama-sama kami mengembangan potensi  bersama,” tungkasnya.

Sementara itu, perwakilan CSR Kawasan Indusrti Ejip saidi mengatakan, kerjasma ini di inisiasi camat dan alhamdulilah atas pasilitas camat kami di pertemukan Forciksel.

Namun begitu, saidi belum bisa mengatakan bentuk kerjasamanya seperti apa antara Kawasan Industri Ejip dan Kecamatan Cikarang Selatan.  

“ Insaya Allah semua kegiatan yang positif di masyarakat khususnya di Cikarang Selatan maupuan Kabupaten Bekasi selalu kita support,” tandasnya.

(mil/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here