METRO CIKARANG – Komunitas Celoteh Perjalanan mengirimkan sejumlah bantuan untuk para korban banjir di Kecamatan Muara Gembong, Jumat (12/2).

Sebagaimana diketahui, sejumlah warga di Kelurahan Pantai Bahagia, Muara Gembong harus merasakan dampak banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Citarum pada Selasa (9/2) yang menyebabkan ketinggian air mencapai kurang lebih dua meter.

“Ada beberapa tanggul yang jebol, tetapi titik terparah tanggul jebol ada di wilayan RT 01/01 Kelurahan Pantai Bahagia,” ungkap salah seorang warga, Kholid.

Founder Komunitas Celoteh Perjalanan, Rendi Adha mengatakan, bantuan yang diberikan kepada warga korban banjir pun berupa pakaian layak pakai dan sejumlah karung.

“Untuk saat ini, kami membawa pakaian layak pakai yang hasil dari penggalangan dana sejumlah kawan-kawan. Kita juga bawa karung yang fungsinya untuk membungkus pasir untuk digunakan sebagai tanggul sementara penghalang air,” jelas Rendi.

Rendi pun mengungkapkan, kondisi wilayah Kelurahan Pantai Bahagia yang diterjang banjir sungguh memprihatinkan. Bahkan ia menilai, lambannya penanganan dari pemerintah setempat membuat warga semakin terpuruk. Pasalnya, diperkirakan akan adanya luapan air susulan dari Sungai Citarum yang bisa mengancam keselataman warga.

“Mungkin beberapa hari kedepan, kita akan kembali lagi ke Muara Gembong untuk melihat perkembangan kondisi disana. Kita juga akan bawa bantuan lainnya sesuai kebutuhan warga yang akan kita kumpulkan terlebih dahulu dari para donatur,” papar Rendi.

Selanjutnya, Rendi menyampaikan bahwa Komunitas Celoteh Perjalanan sendiri membuka penerimaan donasi bagi kawan-kawan atau calon donatur yang hendak memberikan bantuannya kepada warga terdampak banjir Muara Gembong tersebut.

“Kami terbuka untuk siapapun yang mau memberikan donasinya. Donatur pun bisa langsung menghubungi kami atau mendatangi posko kami yang terletak di area Wisata Kuliner Hutan Kota Bekasi. Dan untuk donatur yang sudah memberikan bantuannya, kami ucapkan terima kasih banyak,” pungkas Rendi.

Untuk diketahui, Komunitas Celoteh Perjalanan merupakan sebuah wadah filantropi yang bergerak di kemanusiaan, pendidikan dan kesehatan.

Komunitas tersebut pun terbentuk atas gerakan kaum millenial yang prihatin dan peduli dengan lingkungan sekitar, khususnya bagi warga masyarakat yang terkena musibah, baik bencana alam maupun sosial.

(har/rls/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here