METRO CIKARANG – Datangnya musim penghujan dengan intensitas tinggi yang berlangsung di Jabodetabek tak dapat disangkal telah memberikan dampak terhadap lingkungan sekitar mulai dari banjir hingga tanah longsor.

Hal serupa pun terjadi di kawasan Jababeka tepatnya di wilayah kampung Rawa Banteng, Kelurahan Sertajaya, yang mengalami longsor beberapa waktu lalu.

Lokasi longsor yang berbatasan dengan rumah warga merupakan salah satu kavling milik Jababeka yang sebagian besar telah diberikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi beberapa tahun lalu.

“Betul adanya bahwa kami telah menerima laporan akan kejadian tersebut. Kami pun telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk merespon kejadian tersebut dengan cepat,” ungkap General Manager Estate Jababeka, Agung Sujatmiko.

Dia menegaskan jika sebagian lahan di lokasi tersebut merupakan lahan yang dipersiapkan untuk diserahterimkan kepada Pemkab Bekasi.

Adapun pengerjaan yang dilakukan oleh pihak kedua sebelum kejadian, merupakan salah satu tahap persiapan program penataan lingkungan Stadion Wibawa Mukti yang nantinya akan mengakomodir Pedagang Kaki Lima (PK5) UMKM yang berada di sekitar lokasi.

Dalam program penataan lingkungan tersebut, pihak Pemkab akan melakukan upaya untuk menertibkan dan merelokasi PK5 dan Jababeka membantu upaya Pemda dengan menunjuk salah satu vendor yang menjadi pihak kedua.

“Kami pun telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pengerjaan perbaikan kontur tanah di lokasi tersebut,” jelas Agung.

Dirinya menyampaikan penyesalan Jababeka akan kejadian tersebut. Selain itu, vendor bersangkutan telah berkomitmen dan bertanggung jawab untuk memperbaiki lahan yang ada. Bahkan, Jababeka pun akan mengevaluasi kembali kinerja vendornya tersebut.

Sementara itu, GM Corporate Marketing Jababeka Residence, Eric Limansantoso mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah setempat serta pihak-pihak terkait agar masalah ini dapat diselesaikan secepatnya.

Dia menilai, diperlukan sinergi yang baik antara warga, pengembang serta pemerintah dalam menjaga lingkungan sekitar demi terciptanya rasa aman dan nyaman.

“Kami selaku pengembang kawasan selalu terbuka dan siap memberikan support terbaik bagi warga maupun Pemkab Bekasi dalam menciptakan lingkungan yang kondusif,” katanya.

(Uzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here