METRO PURWAKARTA – Wacana pemidahan ibu kota negara dan ibu kota provinsi Jawa Barat (Jabar) terus bergulir dan menyita perhatian publik.

Tak terkecuali, Anggota DPR RI Terpilih Periode 2019-2024 Dedi Mulyadi. Menurut dia, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Tepatnya, ke Kabupaten Kutai Kertanegara dan ke Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Nah tahap berikutnya, tinggal ke DPR untuk dibahas bersama menjadi undang-undang,” kata Dedi dalam cuitannya di twitter pada Senin (2/9).

Mantan Bupati Purwakarta dua periode ini melanjutkan Kota Bogor dan Kabupaten Bogor yang berencana pisah dengan Provinsi Jabar menjadi Provinsi Bogor Raya. Di mana, cakupanya ke Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi.

Namun begitu, Kota Bekasi justru memilih gabung dengan Pemprov DKI Jakarta atau bikon Provinsi Pakuan Bhagasasi.

Dedi pun mengusulkan opsi lain agar Jakarta dan Jawa Barat dimerger menjadi Jabar Raya.

“Maka saya berpendapat, sebaiknya Jakarta disatukan dengan Jawa Barat dengan nama Jawa Barat Raya dengan Jakarta sebagai ibu kotanya. Ini sekaligus mengakomodir keinginan Kota Bekasi, Depok dan daerah lain yang ingin bergabung ke DKI Jakarta karena persamaan kultur,” tukas Ketua DPD I Golkar Jabar itu. (hyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here