METRO KARAWANG – Dinas Koperasi (Dinkop) UMK Kabupaten Karawang, melalui Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi, menggelar program bimbingan teknis (Bimtek) komputerisasi laporan keuangan dan pelatihan kapasitas sumber daya manusia koperasi, bagi pengurus koperasi tingkat Kabupaten Karawang. Jumat, (28/8) di Hotel Brits Karawang.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kelembagaan koperasi di Kabupaten Karawang dan peningkatan kualitas SDM koperasi tersebut, diikuti oleh 107 orang peserta, dari 40 koperasi karyawan dan 9 koperasi masyarakat.

Dalam sambutannya, Sekertaris Daerah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri menuturkan, komputerisasi dalam dunia koperasi dianggap penting. Pasalnya saat ini, kata dia, bentuk laporan keuangan dalam koperasi di Karawang tak sedikit yang masih manual.

“Diharapkan dengan sumber daya manusia yang terampil, dapat membawa perubahan dunia Koperasi di Karawang menjadi lebih baik,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UMK Kabupaten Karawang, Ade Sudiana menjelaskan, kegiatan tersebut digelar atas dasar masih banyaknya laporan keuangan koperasi di Karawang yang masih manual.

“Agar management koperasi di Karawang lebih baik lagi. Kita gelar bimtek komputerisasi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi, Dinkop UMK Karawang, Diah Mira Desi mengatakan, kegiatan tersebut juga dipadukan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama, antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Samsat) dan Bank BJB dengan sejumlah koperasi karyawan dari kawasan industri di Kabupaten Karawang. Dalam rangka penerimaan perpanjangan pajak kendaraan bermotor.

“Kerja sama ini diikuti oleh 10 koperasi karyawan dan 1 koperasi masyarakat. Dengan harapan memberikan kemudahan untuk efektifitas dan efisiensi penyerapan pajak. Khusunya, kepada para karyawan di kawasan industri di Karawang,” timpalnya.

(Wahyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here