METRO CIKARANG – Tak ada kepastian pelantikan calon wakil bupati hasil pemilihan panlih DPRD Kabupaten Bekasi, Ahmad Marzuki, membuat berang Masyarakat Peduli Bekasi (MPB). Rencananya, MPB bakal mensomasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar Ahmad Marzuki segera dilantik sebagai wakil bupati.

Kami akan menyampaikan surat Somasi dari MPB kepada Mendagri di Jakarta,” kata Ketua Tim Advokasi MPB, Ulung Purnama, kemarin.

Ulung menjabarkan alasan melakukan somasi kepada Kemendagri.  Pertama, proses pemilihan wakil bupati dimana pasal 23 sudah diumumkan pengangkatan wakil kepala daerah. Kedua, di pasal 24 ayat (1,2,3 dan ayat 4) yang menegaskan bahwa proses paripurna wakil bupati sudah diangkat.

Ketiga, di pasal 25 ditegaskan bahwa tinggal pengesahan dan pengangkatan wakil bupati kepada Mendagri melalui Gubernur Jawa Barat sebagai wakil dari pemerintah pusat.

“Ini yang menjadi dasar Somasi kita ke Mendagri untuk mendorong agar Achmad Marjuki sebagai Wakil Bupati Bekasi segera dilantik,” kata Ulung.

Ia mengatakan, terkait proses gugatan hukum yang tengah berjalan, Mendagri perlu sekiranya menganut prinsip hukum administrasi terhadap adanya gugatan PTUN. Sehingga mengedepankan kepastian hukum dan tidak merugikan masyarakat Kabupaten Bekasi.

Menurutnya, Mendagri tidak terpaku karena menunggu hasil keputusan. Hal itu akan menimbulkan ketidakpastian hukum. Menurutnya, sudah seharusnya Mendagri melakukan pengesahan dan pelantikan terhadap wakil kepala daerah, ataupun berkaitan dengan tafsir dan pendapat yang berbeda di masyarakat. 

“Faktanya wakil kepala daerah (wakil bupati) sudah diangkat dan diumumkan oleh rapat paripurna DPRD Kabupaten Bekasi,” tegas Ulung.

Perwakilan dari MPB, Ergat Bustomi mengatakan tidak bisa membiarkan proses penggunaan anggaran daerah yang cukup besar terbuang sia-sia. Jadi menurut dia, harus ada outputnya.

“Jangan sampai setelah terjadi pemilihan wakil bupati tapi outputnya tidak ada. Ini jelas anggaran daerah akan menjadi pertanggungjawaban,” katanya.

“Yang kita harapkan sebagai masyarakat Kabupaten Bekasi dalam keadaan ini, kita benar-benar harus menjadi produk bahwa wakil bupati harus segera dilantik,” tandasnya. (dim/uzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here