METRO CIKARANG– Layanan perizinan satu pintu di kawasan industri akan memudahkan menarik investasi karena mengakomodir pendirian perusahaan secara cepat dan tepat.

President Director of PT Jababeka Infrastruktur Tjahjadi Rahardja mengatakan, Jababeka Focus to Accelerate Services atau J-FAST merupakan layanan terpadu satu pintu yang ditujukan pada investor yang akan mendirikan perusahaan di Kawasan Industri Jababeka. 

Layanan terpadu ini mencakup Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Hak Guna Bangunan (HGB), Izin Usaha Tetap atau Izin Usaha Industri, dan Surat Izin Usaha Perdagangan. 

“Seluruh proses perizinan itu dilakukan dalam waktu 1X24 jam. Kami bantu proses perizinan baik proses IMB, izin lingkungan, hingga pendirian perusahaan. Jadi, investor sudah bisa langsung membangun,” kata Tjahjadi, dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Dia menjelaskan, J-FAST juga membantu penyusunan pelaporan dokumen yang diwajibkan pemerintah, seperti dokumen Upaya Kelola Lingkungan atau Upaya Pemantauan Lingkungan, Rencana Kelola Lingkungan atau Rencana Pemantauan Lingkungan, laporan pemantauan lingkungan.

“J-FAST juga menyediakan jasa menganalisis laboratorium & lingkungan yang dibutuhkan perusahaan dalam mendirikan pabrik atau laporan,” kata dia.

Head of Business Development J-FAST, Muhammad Ayub Arwin mengatakan, hadirnya J-FAST bertujuan agar waktu para investor tidak habis untuk urusan administrasi pengurusan dokumen perizinan sehingga produktivitas mereka tidak terganggu. “Kami sadar bahwa waktu perusahaan sangat berharga. Mereka tak ingin produktivitas perusahaan terganggu,” kata dia.

Menurut Ayub, JFAST mempertimbangkan aspek kelayakan, standar, dan tersertifikasi, sehingga laporan yang dibuat bisa dipertanggungjawabkan. “Kami mengedepankan value 3T yaitu Terpercaya, Terjamin dan Terlengkap,” kata dia.

Pendekatan yang dilakukan JFAST dengan konsumen melalui customer relationship management system, sehingga pelanggan bisa memantau project yang sedang dikerjakan JFAST. “Jadi kalau perusahaan memakai JFAST, mereka akan diberikan akun untuk melihat progres pekerjaan secara real time via website. Di sana mereka bisa melihat project mereka, progres kerja, dan biayanya. Jadi, semua transparan dan terbuka,” kata Ayub.

JFAST merupakan salah satu anak perusahaan Jababeka Group. Didirikan sejak tahun 2008 yang awalnya hanya melayani perusahaan yang menjadi tenant di Kawasan Industri Jababeka Cikarang, tapi sejak tahun 2018 sudah menerima purchase order dari kawasan industri lain, seperti di Cikarang, Bekasi, Karawang dan sekitarnya.

(uzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here