METRO CIKARANG –  Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, selenggarakan seminar peningkatan kapasitas Usaha Ekonomi Desa. Kegiatan berpusat di Hotel Grand Cikarang ini tetap dilengkapi dengan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Kepala DPMD Kabupaten Bekasi Ida Farida mengatakan, desa merupakan wilayah pemerintahan  yang mempunyai otonomi dan bisa mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri. Termasuk di dalamnya warga masyarakat dengan berbagai macam aktifitas seperti pengusaha UMKM.

“Kita lagi berpikir bagaimana meningkatkan kapasitas perekonomian masyarakat di bawah binaan BUMDes dan BUMDes bisa besar,” kata dia, Senin (14/9).

Ida menjelaskan, BUMDes di Kabupaten Bekasi bisa besar ketika pengelolanya punya keinginan dan kemauaan yang sama serta tidak mengikuti ego sendiri.

“Kita di DPMD membantu dan memfasilitasi , kesulitan-kesulitan apa yang kita komunikasikan juga dengan para kepala desa,” jelas dia.

Artinya, sambung Ida, saat ini Forum BUMDes bisa mengcover 23 Kecamatan di Kabupaten Bekasi. “Syukur-syukur BUMDes di desa menjadi satu dan menjadi BUMDes kabupaten. Itu kita juga akan kumpukan kepala desanya,” ujar dia.

Ida mengatakan, sesuai dengan arahan Kepala Daerah (Bupati) agar para perangkat daerah bersinergi termasuk camat dan para kades. Sehingga dengan kerjasama yang baik semua elemen akan menjadikan Bekasi dua kali lebih baik.

Satu di antaranya, peningkatan usaha ekonomi desa yang sudah dibentuk lewat BUMDes lewat kelompok usaha yang bisa terus dikembangkan.

“Gak ada yang jalan sendiri-sendiri, komunikasikan semua ke DPMD , tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan,” tegasnya.

(Jamil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here