foto: DOKUMEN DINSOS KABUPATEN BEKASI

METRO CIKARANG – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bekasi menyelenggarakan acara Sosialisasi Sistem Pencatatan dan Pelaporan Penanganan Masalah Kesejahteraan Sosial (Si-P3MAKES) oleh Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) Berbasis teknologi informasi yang di laksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Kamis (4/6) pukul 10.30 wib.

Pelaksanaan sosialisasi dipimpin Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Bekasi Hamdani, selaku Project Leader Aksi Perubahan. Sosialisasi Si-P3MAKES dihadiri oleh Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), Tim Efektif Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Stakeholder Eksternal dan karyawan Dinas Sosial Kabupaten Bekasi kurang lebih sebanyak 85 hingga 94 orang.

“ Pada acara sosialisasi ini, disampaikan tentang latar belakang, tujuan, manfaat, kerangka pikir, struktur organisasi dan pentahapan penyusunan Si-P3MAKES. Pada acara sosialisasi ini pula disampaikan langsung tentang aplikasi Si-P3MAKES sekaligus praktek/simulasi tatacara pengoperasian aplikasi,” kata Hamdani kepada onlinemetro, Kamis (4/6).

Hamdani menjelaskan, aplikasi Si-P3MAKES oleh PSKS Berbasis Teknologi Informasi yang dibangun oleh Dinas Sosial Kabupaten Bekasi digunakan sebagai media informasi dalam rangka pencatatan dan pelaporan penanganan masalah kesejahteraan sosial oleh PSKS serta pemberdayaan dan sinergitas antar PSKS sebagai pilar-pilar sosial dan mitra kerja dalam menangani masalah-masalah sosial di masyarakat.

“ Penggunaan aplikasi Si-P3MAKES sama halnya dengan penggunaan aplikasi berbasis web lainnya yang menggunakan jaringan internet. Untuk menggunakan aplikasi ini dibutuhkan perangkat komputer/laptop atau handphone dan koneksi internet,” jelasnya.

Menggunakan aplikasi ini dengan cara membuka browser (contoh: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Safari) dan ketik alamat (URL) aplikasi Si-P3MAKES melalui: http://www.sipemakes-kabbekasi.net atau http://www.sipemakes.bekasikab.go.id. Setelah itu, dilanjutkan dengan diskusi atau tanya jawab seputar Si-P3MAKES.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, H. Abdilah Majid, SH, MM menyampaikan, bahwa Aplikasi Si-P3MAKES akan diberlakukan setelah Peraturan Bupati, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Petunjuk Teknis Sistem Pencatatan dan Pelaporan Penanganan Masalah Kesejahteraan Sosial (Si-P3MAKES) diterbitkan.

“ Dengan dibangunnya aplikasi Si-P3MAKES ini, diharapkan PSKS dapat mengakses, mengoperasikan dan menggunakannya untuk mempercepat proses pencatatan dan pelaporan penanganan masalah kesejahteraan sosial yang berbasis teknologi informasi, sehingga dapat memberikan kemudahan dan efisiensi baik waktu, biaya dan juga tenaga dalam proses pencatatan dan pelaporan penanganan masalah kesejahteraan sosial di wilayahnya,” pungkasnya.

(Jamil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here