CIBARUSAH – Guna mengurangi polusi udara, sebanyak 1.500 bibit pohon ditanam di Desa Wibawa Mulya, Kacamatan Cibarusah oleh Calon Kepala Desa (Calkades) Wibawa Mulya nomor urut dua, Firman Ruli Zaelani.

Secara simbolis, penanaman pohon dilakukan Ruli di Situ Cipalahlar bersama pemuda dan relawan Bang Haji Ruli (BHR), Minggu (21/6).

“Satu pohon ini kan bisa menghasilkan ribuan oksigen, ini sangat bagus untuk penghijauan di Desa Wibawa Mulya dan untuk mengurangi polusi udara,” kata Ruli. 

Pria yang akrab Bang Haji Ruli ini mengatakan  bibit pohon itu terdiri dari Ketapang Kencana,  Mahoni,  Trembesi dan Sukun, “Kabupaten Bekasi ini kan wilayah industri yang sangat rentan polusi pabrik.  Penanaman pohon adalah salah satu penyelamatan bumi,” ujarnya.

Ruli mengatakan, selain di Situ Cipalahlar, penanaman juga dilakukan di Perumahan KSB dan salah satu padepokan. “Kita tanam bibit pohon sekarang untuk masa depan, untuk anak cucu kita.  Maka dari itu harus dijaga, dirawat dan disiram,” paparnya. 

Ia berpesan kepada masyarakat untuk dapat menjaga pohon yang ditanam agar dapat tumbuh baik. “Ini bukan hanya simbolis, Harus dijaga dan dirawat. Kalau kata lagu Bang Iwan Fals, tanam siram-tanam siram,” paparnya. 

Salah satu pemuda Desa Wibawa Mulya, Aziz mengapresiasi kepedulian calkades terhadap lingkungan. “Pohon adalah sumber kehidupan,  kalau tidak ada yang peduli lingkungan,  mungkin kedepan Desa Wibawa Mulya bisa dijejali dengan polusi,” tuturnya. 

Ia berharap semua masyarakat dapat peduli akan lingkungan dimulai dengan melakukan penghijauan dan tidak merusak alam,”Menyelamatkan bumi harus ada kepedulian semua masyarakat,” tuturnya. 

Berdasarkan pantuan usai melakukan simbolis penanaman pohon, Ruli bersama pemuda Desa Wibawa Mulya tanpa bernyanyi lagu “Tanam Siram” ciptaan Iwan Fals dipandu musik akustik pemuda Desa Wibawa Mulya. (dim/uzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here