BANTUAN: Suasan penyaluran BLT dana desa di Desa Sirnajati berlangsung dengan aman dan kondusif, Sabtu (13/6).

CIBARUSAH – Imbas dari covid-19, pembangunan infrastruktur di desa se- Kabupaten Bekasi ditunda bahkan ada pula yang dibatalkan.  Salah satunya Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi.  Lantaran anggran Dana Desa (DD) sebagian besar di alihkan untuk penangan virus korona atau covid-19.

Sekretaris Desa (Sekdes) Sirnajati Sahrudin dengan tegas mengatakan, untuk pembangunan infrastrukrur di desanya mencapai 13 titik. Dengan dana desa mencapi 1.3 Miliar, dari anggran tersebut 35 persen untuk penanganan virus korona.

“Untuk Infrastruktur kita ubah, APBDes awal kita ubah seiring dengan dialihkannya 35 persen untuk penangan covid-19. Pembangunanpun yang kita tunda mencapi 13 sampai dengan 15 titik,” katanya kepada onlinemetro.

Selain itu, Desa Sirnajati juga sudah menyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dana desa Rp 600.000 rupiah perbulan selama 3 bulan kepada 288 kepala keluara (KK) yang terdampak virus korona. Per KK-nya langsung menerima BLT sebesar Rp 1,2 juta untuk dua bulan yakni April dan Mei.

“Penyaluran BLT tersebut langsung ke rekening bank bjb masing-masing penerima BLT dana desa. Untuk penyaluran di bulan juni nunggu pencairan DD berikutnya,” ujarnya.

Pengajuan BLT dana desa diseleksi dan divalidasi, karena sumbar bantuan untuk covid-19 banyak, baik itu dari Provinsi maupuan kabupaten. “ Alhamdulilah yang menerima bantuan di sini tidak ada yang dobel, dan tepat sasaran,” pungkasnya.

(Jamil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here