Ini Jadwal Jam FYP TikTok Terbaik Untuk Upload Video

ONLINEMETRO.ID – Akronim FYP atau For Your Page bagi pengguna TikTok sudah jadi tujuan utama supaya video yang diunggah langsung melesat jadi tren dan viral.

FYP adalah sebuah tagar (tanda pagar atau hashtag) yang berisi kumpulan video rekomendasi utama, yang muncul di beranda saat membuka aplikasi, dan bisa jadi itu adalah video kita kalau berhasil masuk di sana.

Terus, bagaimana caranya supaya bisa upload video pas di jadwal FYP Tiktok?

Untuk bisa tahu jam berapa saja pengakses aplikasi ini beraksi, secara umum mirip dengan orang yang mau pasang iklan untuk stasiun TV.

Mereka akan memperhatikan prime time, atau waktu terbanyak orang menonton televisi, agar iklan ditonton banyak orang.

Deengan begitu, kita juga harus memperhatikan timing atau waktu utama orang menonton video pada Tiktok, agar unggahan kita bisa langsung ditonton banyak user, dan yang paling penting langsung mendapat tempat dan jadi viral.

Kalau rajin mengunggah video di jadwal prime time yang menjadi jadwal favorit bagi FYP Tiktok, dampaknya sudah jelas video kita akan bisa mencuri perhatian banyak orang, dan mendapat peluang berinteraksi lebih besar.

Apalagi kalau itu adalah video produk atau jualan, maka potensi mendapat pembeli akan makin besar, dengan makin seringnya berinteraksi.

Supaya bisa masuk FYP, cara terpenting dan mendasar adalah buat isi video semenarik mungkin. Jangan lupakan pula sinkronisasi antara caption yang dibuat dan isi video, supaya bisa saling terkait satu sama lain.

Isi juga video buatan kita dengan background music berupa lagu yang terkenal, agar user bisa langsung tahu dan mengenali, dan pastinya buat durasi yang pendek, agar lebih mengena bagi pengguna Tiktok yang merupakan medsos berbagi video pendek..

Langkah selanjutnya, jangan lupa sertakan tanda pagar atau hashtag #FYP atau #foryourpage. Tujuannya agar video yang sudah diunggah akan mudah ditemukan.

Dua hashtag tersebut sangat populer bagi pengguna Tiktok, sehingga banyak yang menyematkannya untuk bisa mencuri perhatian dan meningkatkan jumlah penonton.

Kemudian yang harus diperhatikan adalah, unggahlah video yang sudah dibuat di jam-jam ramai pengguna, dan untuk ini kita harus mengenali jam berapa saja pengguna Tiktok ramai mengakses video.

Ketika hari sibuk, maka siang hari adalah peluang emas untuk bias mendapat jumlah penonton yang banyak.

Namun jangan lupakan juga malam hari, karena di jam tertentu cukup banyak pengguna Tiktok yang justru malah nonton video pendek yang ada di FYP.

Berikut ini data yang berhasil dihimpun oleh OnlineMetro mengenai jadwal FYP Tiktok berdasarkan hari :

Jadwal FYP TikTok Hari ini

Senin

Jam yang strategis untuk mengunggah video adalah sekitar jam 12 sampai 13 di siang hari, karena hari Senin adalah hari yang paling sibuk dalam sepekan, sehingga jam istirahat utama adalah jam 12 sampai jam 1 siang.

Selasa

Waktu yang pas untuk mengunggah video di hari Selasa adalah sekitar jam 4 sore, kemudian sedikit bergeser ke malam hari yaitu antara jam 7 sampai 9 malam.

Alasannya, di hari ini umumnya para Tiktokers sedang fokus di siang hari untuk tugas kerja atau belajar mereka, sehingga agak mengesampingkan faktor hiburan yang menjadi menu utama aplikasi ini.

Rabu

Waktu yang tepat untuk mengunggah video di hari Rabu, berbeda dan lebih awal dari hari Senin dan Selasa. Jam 11 siang menjadi waktu yang pas untuk mengunggah video, agar bisa meraih peluang masuk jajaran FYP.

Pada umumnya ketika masuk hari Rabu banyak orang yang sudah mulai penat dengan pekerjaan atau tugas sekolah yang padat, dan cari hiburan untuk mengalihkan sejenak perhatian dari kesibukan.

Sedangkan di malam hari, waktu yang tepat untuk mengunggah video pada hari Rabu adalah jam 8-9 malam.

Kamis

Seiring dengan makin dekatnya akhir pekan, hari Kamis merupakan hari yang lebih longgar dibanding hari lain dalam sepekan.

Kegiatan pekerjaan pada umumnya sudah mulai berkurang, sehingga akan lebih banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai dan membuka video Tiktok.

Unggahlah video yang sudah dibuat pada hari Kamis jam 12 siang, agar masuk waktu trending yang berpotensi besar termuat dalam FYP.

Selain itu, unggahlah video di sore hari, yaitu sekitar jam 4 sore, jam 7 malam, dan jam 9 malam, yang juga masuk kategori sebagai waktu trending bagi Tiktok.

Jumat

Semakin dekat dengan akhir pekan, load pekerjaan menjadi jauh berkurang, sehingga waktu senggang otomatis jadi lebih banyak, termasuk untuk bersantai dan membuka video pendek yang masuk FYP.

Inilah waktu yang tepat untuk mengunggah video, agar prime time  yang menjadi incaran menjadi jauh lebih mudah diraih.

Saat yang tepat untuk mengunggah video agar bisa masuk FYP atau for your page adalah jam 11 sampai jam 13 di siang hari, dan jam 19 sampai jam 22 di malam hari.

Sabtu

Sampailah pada akhir pekan yang ditunggu, utamanya oleh para pekerja dan pelajar untuk bersantai, sekaligus melepas penat setelah dari Senin sampai Jumat harus berkutat dengan urusan pekerjaan dan tugas sekolah yang banyak.

Agar bisa menemani waktu bersantai para pengguna Tiktok yang pastinya juga sudah menunggu FYP terbaru, unggahlah video yang Anda buat mulai jam 9 pagi.

Ini prime time pertama dan terpagi di hari Sabtu, karena sebagian besar pekerja dan pelajar ada yang sudah libur.

Waktu utama lainnya adalah jam 11 siang, dan rentang jam 7-9 malam di malam Minggu, dimana banyak yang buka hape untuk melihat unggahan video terbaru, yang masuk dalam rekomendasi FYP dari Tiktok. Jangan lewatkan peluang untuk ditonton lebih banyak orang di saat seperti ini.

Minggu

Menjadi hari libur umum bagi semua orang. Karena merupakan hari libur, hampir semua waktu bisa jadi prime time untuk mengunggah dan membagikan video, agar prime time jadi mudah didapat.

Meski hampir semua waktu bisa menjadi prime time bagi Tiktokers, pilihlah jam 7 dan 8 pagi untuk memulai unggahan video di FYP.

Lanjutkan unggahan video jam 11 siang, untuk makin memperbesar peluang menjadi video rekomendasi untuk ditayangkan.

Selanjutnya pilihlah waktu upload jam 4 sore, karena pada saat menjelang berakhirnya Minggu, umumnya orang masih enggan memikirkan hari esok.

Tambah lagi jam 7 sampai 9 malam, sebagai saat unggah video di hari terakhir pada akhir pekan ini, karena itulah waktu yang tepat di hari Minggu.

Kesibukan sehari-hari bagi pelajar dan pekerja, jadi faktor yang menentukan waktu FYP, karena disaat mereka luang itulah, bisa dimanfaatkan untuk berselancar di internet, termasuk membuka video Tiktok. Karena itu perhatikan jadwal FYP Tiktok agar videomu viral dan langsung merebut perhatian.