METRO KARAWANG – Setelah selesai menggelar SNMPTN dan SPAN-PTKIN pada April lalu, Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) kembali membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) program sarjana (S1) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pendaftaran jalur ini dibuka mulai 2 hingga 20 Juni 2020.

“Ya, sesuai surat edaran tim pelaksana LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) nomor 11/SE.LTMPT/2020 tanggal 6 April 2020 tentang perubahan jadwal pelaksanaan UTBK 2020, pendaftaran UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan SBMPTN dibuka mulai 2 sampai 20 Juni,” ujar Kasubbag Humas dan Kerjasama UNSIKA, Muhamad Riva Arifin, kepada Karawang Bekasi Ekspres, Jumat (29/5) lalu.

Menurut dia, seperti halnya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), untuk pelaksanaan jalur SBMPTN semua menginduk kepada ketentuan LTMPT.

“Setelah pendaftran UTBK-SBMPTN ditutup, nantinya dilanjutkan dengan pelaksanaan UTBK yang digelar mulai 5 sampai dengan 12 Juli, kemudian pengumuman hasil SBMPTN pada 25 Juli,” ungkap Riva.

Mengenai pendaftran UTBK-SBMPTN, Riva menjelaskan, ada 8 hal yang perlu diperhatikan pendaftar seperti yang tertuang dalam laman ltmpt.ac.id. Yaitu pendaftran UTBK-SBMPTN digelar 2-20 Juni, telah memiliki akun LTMPT, yang sudah lulus SNMPTN tidak bisa mendaftar UTBK-SBMPTN.

Kemudian, pilih lokasi UTBK terdekat dengan tempat tinggal, hanya bisa mendaftar UTBK-SBMPTN satu kali-pemilik nomor KIP kuliah tidak dipungut biaya pendaftaran, pilih prodi sesuai persyaratan jurusan SMTA yang ditetapkan PTN (lihat di laman https://ltmpt.ac.id), pastikan isian data sudah benar termasuk data disabilitas (jika ada), dan jika sudah simpan permanen (cetak kartu) data tidak dapat diubah lagi.

“Jalur SBMPTN ini memiliki kuota minimum 40 persen dari daya tampung perguruan tinggi negeri (PTN). Untuk daya tampung Unsika sekitar 4.000-an,” tuturnya.

Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, Riva menambahkan, penerimaan mahasiswa baru akan dilakukan Unsika melalui jalur Mandiri.
“Insyaallah pendaftaran jalur Mandiri akan kami buka sekitar awal Juli. Yang mana jalur ini memiliki kuota maksimal 30 persen,” katanya.

Untuk diketahui, sebagai penyelenggara, LTMPT menyediakan 74 pusat pelaksanaan UTBK di berbagai PTN yang ada di Tanah Air. Para peserta pun bisa memilih PTN yang diinginkan karena ada sebanyak 85 PTN dan 8 Politeknik Negeri yang terdaftar dalam SBMPTN 2020. 

(Ayi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here