METRO KARAWANG – Inovasi desa-desa di Kabupaten Karawang, Jawa Barat dalam melawan wabah virus korona terus digaungkan. Satu di antaranya, Desa Sirnabaya Kecamatan Telukjambe Timur dan Desa Tangguh Jatilaksana Kecamatan Pangkalan.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengapresiasi sejumlah desa yang berinovasi dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona dengan cara membangun Desa atau Kampung Tanggap Covid-19.

Untuk diketahui, Desa atau Kampung tanggap Covid-19 yang dibuat adalah antisipasi ketahanan pangan dengan cara budi daya ikan, kebun ketahanan pangan, rumah isolasi, pasar physical distancing dan lain sebagainya.

“Desa atau Kampung Tanggap Covid-19 dibentuk sebagai langkah menghadapi wabah Covid-19,” saat meninjau rumah isolasi di Desa Tangguh Jatilaksana, Kecamatan Pangkalan, Sabtu (30/5)..

Melalui upaya promotif edukatif secara masif sampai ke desa-desa, Cellica berharap masyarakat Karawang memiliki pemahaman yang cukup untuk mengenali, mengantisipasi sampai memutus mata rantai penyebaran Covid 19 secara baik.

“Perilaku masyarakatlah yang menjadi benteng utama dalam menghadapi penanganan dan mencegah meluasnya penyebaran Covid 19,” ucap Bupati.

Bupati juga mengapresiasi peran serta TNI/ polri dalam pelaksanaan terwujudnya Kampung/desa tanggap covid-19.

“Saya menghaturkan terima-kasih karena temen-teman yang ada di Desa, yang ada di Kecamatan, yang ada di Kabupaten semua luar biasa. Jadi masyarakat dari tingkat bawah pun saling memberikan bantuan dan saling memberikan perhatian, jadi kelihatannya memang situasi seperti ini membangkitkan semangat kita untuk dapat terus bersama-sama bergandengan tangan, saling menolong antara satu dengan lainnya, saling menguatkan agar bagaimana pandemik corona ini bisa segera selesai dan bisa berlalu agar kondusifitas Karawang tetap aman dan damai,” imbuh dia.

(Firmansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here