METRO BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan sekolah di 257 kecamatan di Jawa Barat sudah boleh dibuka atau menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka. Di mana, daerah tersebut sudah termasuk kategori zona hijau.

“Pendidikan sudah mulai dibuka, silakan di 257 kecamatan. Jadi kita tidak akan berbasis kota kabupaten lagi, terlalu luas,” tegas dia dalam jumpa pers, Selasa (28/7).

Meski begitu, Kang Emil sapaan karibnya, tak merinci jumlah sekolah hingga ke-257 kecamatan yang diizinkan untuk dibuka. “Jadi memang 257 (kecamatan) yang dari dulu sampai sekarang itu tidak ada kasus atau hijaunya murni. Kita doakan daerah lain menyusul dengan syarat sama sekali tidak ada kasus dari awal sampai akhir atau pernah ada kasus tapi setelahnya kosong selama tiga bulan,” tuturnya.

Kang Emil menyatakan sekolah yang dibuka inipun dilakukan bertahap. Untuk tahap awal, dilakukan bagi sekolah tingkat SMA dan SMK sederajat. 

“Yang didahulukan adalah yang usia logika sudah baik yaitu SMA dan SMK. Nanti setelah kurang lebih tujuh hari atau 14 hari tidak ada masalah baru level SMP, nanti SMP juga terkendali tidak tukeran masker dan pahibut, jelas di situasi pasca sekolah baru masuk ke SD dan TK,” tutur dia.

Kata Kang Emil, pembukaan sekolah ini menjadi kabar baik bagi para orang tua. Di mana,  dirinya menerima komplain dari para orang tua agar dibuka segera dengan protokol kesehatan.

“Tentu kita gak bisa iyakan tanpa kajian matang untuk dibuka kembali sekolah bagi anak-anak,” bilangnya.

Sementara itu untuk waktu pelaksanaannya, Emil menyatakan diserahkan ke sekolah masing-masing. Menurutnya pembukaan KBM tergantung dari kesiapan masing-masing sekolah.

“Sesiapnya mereka, karena mereka gak bisa Senin langsung, jadi dicek dulu, toiletnya siap, cuci tangannya siap, kelasnya sudah di jarang-jarang, nah itu nanti disdik dari kita akan mengecek, kalau hijau dan persiapannya oke, boleh. Kalau hijau tapi persiapannya belum siap, ya belum boleh,” tukas dia.

(Hayat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here