METRO KARAWANG – Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri secara lugas menegaskan bahwa pihaknya fokus dalam tiga hal terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Yakni, jalur alteri, jalur tol dan kawasan wisata.

“Untuk di jalur tol, kami akan melakukan CB yaitu dengan penempatan anggota, pengalihan arus, one way semua akan dilakukan tergantung kondisi dilapangan. Sementara jalur alteri tak berbeda jauh dengan jalur tol,” jelas dia, Sabtu (19/12).

Dofiri melanjutjan ada 26 titik rest area yang menjadi perhatian khusus saat pandemi covid-19. Nanti kendaraan yang akan beristirahat dibatasi paling lama satu jam dan pertokoan harus diperhatikan protokol kesehatan.

“Dari paparan tadi di KM 57 ini bisa menampung sekitar 700 kendaraan, karena untuk sumbu tiga tidak bisa masuk rest area mungkin bisa lebih. Saya meminta kepada tenant (pemilik toko) untuk terapkan dengan ketat protokol kesehatan,” jelasnya.

Kapolda Dofiri mengatakan, pemakaian masker juga menjadi wujud disiplin nasional selama pandemi covid-19. “Menggunakan masker sama dengan kita mencegah dari penyebaran serta penularan penyakit terutama virus korona,” ucapnya.

Semua warga Jabar harus terus mendukung program dari pemerintah pusat dan daerah dalam mencegah dan memutus penyebaran Covid-19.

Dofiri menilai, tanpa dukungan dari warga tentunya virus ini tidak ada bisa segera berakhir jika masih banyak warga yang tidak menggunakan masker ataupun tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan sungguh-sungguh.

“Kami ingatkan, pandemi Covid-19 ini belum berakhir. Tetap jaga protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan pakai sabun,” tegas dia..

Kapolda Dofiri menambahkan dalam persiapan nataru ini melibatkan Polri, TNI dan petugas lainnya sekitar 18 ribu personel. Di mana, titik jalur-jalur rawan kecelakaan seperti Tol Cipali dan Tol Purbaleunyi.

“Nah untuk antisipasi, kami akan menambah petugas untuk berjaga. Namun yang paling penting adalah pengemudi itu sendiri,” pungkasnya

(Firmansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here