METRO WAY KANAN – Wabah virus korona (covid-19) di Indonesia sudah memasuki pekan ke-10, namin ancamannya masih sangat masif.

Di Lampung, laporan tim gugus tugas Covid 19 masih mengumumkan penambahan pasien yang terpapar dan perkembangan kasus, termasuk di Kabupaten Way Kanan.

Untuk itu, PTPN VII Unit Tulungbuyut menyumbangkan alat dan bahan dalam rangka antisipasi dan mencegah penyebaran covid-19 kepada Tim Gusus Tugas Kabupaten Way Kanan. Bantuan diserahkan Tim PTPN VII Unit Tulungbuyut yang diketuai Asisten SDM dan Umum Siswanto kepada Sekretaris Kabupaten Way Kanan Saiful, Rabu (13/5) di ruang kerja Sekkab.

Secara simbolis Siswanto menyerahkan lima unit handsprayer untuk menyemprotkan disinfektan, masker, kaca mata google, dan sarung tangan serta diserahkan juga 60 liter disinfektan dalam kemasan lima literan dan 40 liter sabun pencuci tangan dalam delapan kemasan jeriken.

Sementara itu, Manajer Unit Tulungbuyut Hendra Putra pada kesempatan terpisah mengatakan, PTPN VII merasa terpanggil untuk ikut andil dalam upaya pencegahan dan penanganan wabah corona ini. Ia mengakui, bantuan yang diberikan tidak seberapa jumlahnya, tetapi lebih kepada niat yang kuat untuk bergotong royong bersama berbagai pihak.

“Kepada Pak Sekda sebagai bagian dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Way Kanan, kami serahkan peralatan ini sebagai wujud gotong royong. Kami baru bisa membantu ini karena perusahaan sedang rekoveri untuk bangkit kembali,” kata Hendra yang didampingi Asisten SDM dan Umum Siswanto.

Kepada Sekda, Hendra juga melaporkan langkah-langkah PTPN VII, baik di kantor pusat maupun di seluruh unit, termasuk di Tulungbuyut, telah melakukan standar protokol kesehatan sejak awal.

Di Unit Tulungbuyut yang juga memilik satu kebun karet Afdeling Blambangan Umpu, kata dia, melakukan penyemprotan disinfektan di semua fasilitas kantor dan pabrik karet. Selain itu, juga memberi bantuan untuk pelaksanaan disinfeksi di fasilitas umum desa-desa penyangga seperti Puskesmas, masjid dan musala, dan lainnya.

“Kami juga gencar melakukan kampanye hidup bersih dan sehat melawan Covid-19 ke karyawan dan masyarakat desa-desa sekitar perusahaan,” kata dia.

Demikian juga dengan protokol perilaku hidup sehat, pihaknya melakukan cek suhu tubuh kepada semua karyawan dan tamu yang datang, wajib cuci tangan dengan sabun, dan wajib pakai masker. “Fasilitasnya, seperti wastafel untuk cuci tangan kami siapkan,” kata dia.

Dalam acara tersebut, Sekda Way Kanan Saipul mengapresiasi PTPN VII Unit Tulungbuyut yang telah ikut berpartisipasi membantu pemerintah daerah dalam rangka penanggulangan penyebaran virus corona ini. Alat-alat yang disampaikan ini, kata dia, sangat dibutuhkan guna pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Way Kanan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Way Kanan, saya menyampaikan terima kasih kepada PTPN VII Unit Tulungbuyut atas bantuan yang diberikan. Ini sangat kami butuhkan untuk mendukung pelaksanaan pencegahan dan penanganan covid-19 di Way Kanan,” kata dia.

(*/hyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here