SANGAT LICIN: Pengendara sepeda  motor terpeleset di atas jalan berlumpur  dari truk-truk tanah yang lewat dari galian Sukatani.

PURWAKARTA – Tanah dan lumpur hasil aktivitas penambangan tanah di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta berceceran di jalan nasional Purwakarta-Bandung.

Sejumlah pengendara sepeda motor pun disebut sempat tergelincir lantaran jalan yang licin karena lumpur tersebut.

Jaenul (33) seorang warga kecamatan Sukatani mengaku, lumpur yang berceceran itu berasal aktivitas truk pengangkut tanah yang membawa muatan dari area penambangan di wilayah Kecamatan Sukatani.

Lumpur tersebut, tuturnya, terbawa ban-ban truk dan terlepas saat melindas aspal jalan. Musim hujan membuat lumpur di jalan semakin bertambah.

“Apalagi kalau musim hujan (lumpur menempel) terbawa ban truk. Jika kemarau, giliran debu-debu dari material tanah yang terbawa itu mengepul di jalan,” ucap Jaenul, Senin (25/1/2021).

Kelurahan lain juga disampaikan sejumlah warga dan pengendara yang biasa melewati jalur tersebut mengeluhkan licinnya jalan akibat ceceran tanah merah dari truk tanah galian C yang basah saat hujan turun.

Keluhan ini pun dibagikan oleh netizen melalui media sosial facebook, seperti akun Nurjanah dengan menuliskan.

“Rek sampe k iraha, Jln Citapen bebas dari tanah merah cik atuh klo ujan mah truk y ulah dikaluarkeun mang (mau sampai kapan Jalan Citapen ini bebas dari tanah merah, tolonglah saat hujan truk jangan keluar)”. 

Tak hanya akun Facebook milik Nurjanah, akun lainnya bernama Mahmud Ajaa Lah dengan mengunggah foto seorang pengendara motor yang hendak terjatuh di Jalan Raya Sukatani.

Selain mengungah Foto tersebut, akun Facebook itu juga menuliskan “Hati2 yank mau arah pwk jalanan Cilalawi licin”. (hasan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here