METRO KARAWANG – Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), sambangi Kabupaten Karawang sebagai kegiatan Rencana Aksi Pemanfaatan Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT). Hal ini seiring wacana pembentukan wisata bahari yang terus mengemuka sekutar dua bulan terakhir.

Kunjungan yang waktu itu diterima langsung oleh Bupati Cellica tersebut, guna mematangkan pengiriman sebagian “harta karun” hasil temuan para nelayan beberapa tahun silam di Pantai Tangkolak, Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan.

“Ditjen Pengelolaan Ruang Laut menghibahkan BMKT yang dikelola Kementerian, bantuan penataan dan interpretasi kesejarahan yang sangat diperlukan untuk memperkaya Rumah Galeri”, kata Sekda Acep Jamhuri usai rapat terbatas dalam pembahasan mengenai progres BMKT, Rabu (2/9)

Ia mengatakan, rumah galeri yang dibangun di kompleks perkantoran bupati Karawang dulunya adalah rumah jabatan bupati. Areanya memiliki halaman belakang yang luas yang kedepan dapat difungsikan sebagai creative space bagi anak muda Karawang.

Yang perlu digarisbawahi, lanjut Acep, adalah strategi pengelolaan rumah galeri dan pengelolanya untuk memastikan keberlanjutannya.

Menurut dia, display BMKT di rumah galeri ini akan menjadi rangkaian atraksi Pusat Informasi Bahari sekaligus  berfungsi sebagai Galeri Mini BMKT di Dusun Tangkolak dan lokasi BMKT di sekitar perairan Karang Kapalan yang menjadi tempat penyelaman wisata.

“BMKT dan kapal tenggelam bersejarah memiliki nilai yang unik, dan Karawang  memiliki aset tersebut. Oleh karena itu harus dijaga agar pemanfaatannya berkelanjutan,” ucapnya.

(Firmansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here