METRO KARAWANG-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang bersama Duta Genre Karawang, gencar melakukan sosialisasi kepada Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di 30 kecamatan yang ada di Karawang.

Duta Genre bersama DPPKB Karawang, saat ini tengah fokus pada peningkatan performa PIK-R yang ada di Karawang. Pekan ini, rombongan DPPKB Karawang menyambangi PIK-R di Cilamaya.

Kasie Ketahanan Keluarga DPPKB Karawang, Yayan Sugiharya mengatakan, banyak organisasi PIK-R di kecamatan belum berjalan optimal. Karena itu, pihaknya saat ini melakukan monitoring sambil pembinaan. Untuk mengangkat performa PIK-R di seluruh kecamatan. 

“Sambil kita sosialisasi Covid-19. Kita juga ajak mereka mengerti soal Tribina. Yaitu Bina Balita, Bina Remaja, dan Bina Lansia,” ungkapnya, kepada OnlineMetro.id, Sabtu, (11/7) siang.

Yayan menjelaskan, PIK-R merupakan organisasi di bawah naungan Duta Genre dan DPPKB Karawang, yang bergerak dalam bidang konseling remaja. 

Tugasnya, kata dia, mengajak para remaja baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat, untuk menerapkan kehidupan yang berencana. 

“Tugas PIK-R ini diantaranya mengedukasi remaja soal 8 fungsi keluarga, Triad KRR, edukasi pendewasaan usia pernikahan serta penundaan anak pertama, dan mengadvokasi pemegang kebijakan untuk ikut andil, membawa peran remaja dalam kehidupan bermasyarakat,” jelasnya.

Saat ini, sambung Yayan, diakuinya memang performa PIK-R di sejumlah kecamatan belum berjalan maksimal. Karena itu, pihaknya sedang merencanakan empat program unggulan untuk PIK-R, yang bakal di terapkan mulai tahun 2021 mendatang.

“Diantaranya, pertemuan rutin, pengembangan mitra life skill, training advokasi, juga pembentukan kader sebaya,” ujar Bapak Duta Genre Karawang itu.

“Pesan saya, PIK-R bersama Duta Genre Karawang harus bersinergi. Ayo kita bersama bangun Karawang,” harapnya.

Satpel PPKB Kecamatan Cilamaya Wetan, Dahlan mengatakan, PIK-R di Kecamatan Cilamaya Wetan, terdiri dari gabungan organisasi di sekolah-sekolah yang ada si wilayah tersebut.

Kata Dahlan, PIK-R di Kecamatan Cilamaya Wetan di dominasi anak-anak Pramuka. Diantaranya, gabungan dari SMAN 1 Cilamaya, SMKN 1 Cilamaya, SMK Iptek Cilamaya, dan MAN 1 Karawang.

“Diharapkan mereka menjadi motor sosialisasi serta edukasi remaja. Utamanya soal Triad-KKR. Tentang bahaya narkoba, seks bebas, dan pernikahan dini,” pungkasnya.

(Wahyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here