PERAN ORANG TUA: Para alumni MTs Darul Huda Pedes angkata 90 saat silaturahmi dan diskusi soal peran orang tua dalam pendampingan belajar anak di rumah.

KARAWANG- Pandemi yang belum juga barakhir menjadikan pembelajaran anak didik dan guru tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dampak dari hal tersebut dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya unit terkecil di masyarakat itu sendiri, yakni keluarga.

Pemerintah menetapkan banyak kebijakan mengenai pembatasan sosial seperti kebijakan bekerja dari rumah (work from home) dan bersekolah dari rumah (school from home) atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kebijakan tersebut tentunya memengaruhi sistem pembelajaran di sekolah serta kebiasaan belajar anak-anak sekolah.

Pembelajaran dari rumah memerlukan adanya peran langsung dari orang tua karena orang tua memiliki peran yang penting dalam mendukung terlaksananya pembelajaran dari rumah. 

Tema itu terlontar dari para alumni MTs Darul Huda Pedes saat silaturahmi dan menggelar diskusi terkait pendidikan saat pandemi, di Saung Abah Pabayuran, Kabupaten Bekasi.

Menurut para alumni ini, sebagai oranng tua mendukung upaya pemerintah menerapkan PJJ sampai keadaan benar-benar bekas pandemi.

“ Kita harus berupaya untuk meningkatkan pengetahuan kita sebagai orang tua terkait peran yang dimiliki dalam pendampingan belajar anak pada masa pandemi Covid-19 ini,” ujar H Muhamnmad Daud, salah seorang alumni MTs Darul Huda.

Ia menjelaskan, pentingnya peran orang tua dalam nelajar anak. Yakni terdiri dari peran orang tua sebagai pengasuh dan pendidik, pembimbing, motivator, dan fasilitator.

 “Peran orang tua sebagai pengasuh dan pendidik bukan hanya mengajarkan berbagai hal, tetapi juga melatih keterampilan anak, terutama sikap mental anak,” ujarnya.

Ditambakan, peran orang tua sebagai pembimbing, yaitu orang tua harus senantiasa memberikan bimbingan secara berkelanjutan baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Peran orang tua sebagai motivator, orang tua harus mampu menjadi motivator belajar anak dengan membimbing dengan kasih sayang secara berkelanjutan. Peran orang tua sebagai fasilitator yaitu menyediakan berbagai fasilitas seperti buku, alat tulis, tempat belajar, media, alat peraga untuk menunjang program belajar anak,” paparnya.  (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here