METRO KARAWANG-Jelang akhir tahun 2020, mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Berlangsung selama 30 hari, KKN kali ini mengusung tema “Pencegahan Covid-19 untuk Mewujudkan Merdeka Belajar”.

Lantaran masih situasi pandemi, KKN tematik Covid-19 gelombang ke 2 itu. Digelar secara daring dari tempat tinggal masing-masing mahasiswa.

Di masa pandemi ini, mahasiswa UPI membawa misi untuk membantu para guru mensukseskan pembelajaran online. Khususnya bagi siswa sekolah dasar.

Pasalnya, tak sedikit guru-guru SD di Karawang mengalami kesulitan untuk menggelar pembelajaran daring. Melihat hal itu, mahasiswi UPI hadir membawa inovasi untuk mempermudah proses pembelajaran daring.

Salah satu guru di SDN Pancawati 1, Kecamatan Klari, Mega Yuniregista menjelaskan, kehadiran mahasiswa UPI dalam membantu proses pembelajaran daring sangat dirasakan manfaatnya.

Mega menuturkan, para mahasiswa KKN itu diantaranya membantu guru dalam proses penyusunan RPP, membuat media pembelajaran, hingga mendampingi siswa yang tak punya gawai untuk belajar online.

“Beberapa sekolah di daerah Jawa Barat memang sedang mengadakan akreditasi sekolah, Alhamdulillah ada bantuan dari teman-teman UPI yang sedang menjalankan KKN di sini, kami jadi merasa terbantu” ujarnya. Senin, (23/11) di ruang kerjanya.

Dari berbagai kegiatan, lanjut Mega, yang paling menyita perhatian adalah program membuat video pembelajaran berisi materi yang sedang di bahas.

Hal ini menjadi daya tarik baru untuk siswa dalam pembelajaran daring, sehingga siswa menjadi semangat dalam belajar. Tak hanya itu, para mahasiswa UPI juga diketahui aktif sosialisasi Covid-19 di lingkungan masyarakat sekitar sekolah.

“Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan masyarakat, diantaranya membuat penyuluhan bersama dengan RT/RW setempat melalui social media dan grup whatsapp dengan berupa Poster dan Video 3M Covid-19,” jelasnya.

Salah satu mahasiswa perwakilan dari KKN UPI, Megy Putri menjelaskan, meski pun KKN hanya di gelar secara daring. Namun, ia berharap apa yang dilajukan bisa membantu masyarkat khususnya tenaga pendidik di tengah Pandemi Covid-19.

“Dengan arahan dan bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan, insya allah program kami berjalan dengan lancar dan sesuai dengan buku pedoman,” ucapnya.

“Semoga KKN UPI ini dapat membantu para masyarakat yang kehilangan pekerjaan dengan cara berjualan hasil masakannya sendiri,” harapnya.

(Megy Putri/UPI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here