KARAWANG– Himpunan Mahasiwa Program Studi PPKn UBP Karawang kian aktif melakukan kegiatan sosial dengan terjun langsung ke tengah masyarakat. Melalui program himpuan berbagi (HIBA) para mahasiswa menghimpun dan menyalurkan bantuan logistik kebencanaan ke lokasi bencana yang berskala lokal, regional hingga nasional.

Selama bulan Februari 2021 ini, para mahasiswa menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Desa Karangligar, Telukjambe Barat, lalu menyaalurkan bantuan ke korban banjr di Blanakan, Subang serta memberikan donasi ke daerah Barabai, Banjarmasin.

Ketua Himpunan Mahasiswa PPKn UBP Karawang, Nuraeni dalam siaran tertulis yang diterina KBE menuturkan, program himpunan berbagi digulirkan para mahasiswa tak sekadar demi menjalankan tri dharma perguruan tinggi saja, lebih dari itu, kata dia, ada tanggung jawab dan panggilan yang lebih luas membantu sesama warga negara yang sedang diuji kesulitan.

Gerakan HIBA HIMA PPKn2020 dapat dikatakan sangat cepat dalam merespons setiap sesuatu yang terjadi di sekitar kami, khusunya saudara-saudara yang tertimpa musibah bencana alam. Oleh sebab itu HIBA HIMA PPKn2020 kami ikhtiarkan mampu untuk melakukan kegiatan kemanusiaan yang terbagi ke dalam tiga cakupan dengan kerja tim yang sangat baik,” tutur dia.

Soal trik mengumpulkan donasi dalam tempo yang tak panjang, Nuraeni menjelaskan, para mahasiswa, khususnya sivitas mahasiswa PPKn UBP Karawang paham betul kekuatan sosial media. Sehingga opsi yang pertama dipakai menghimpun donasi di tengah situasi pandemi covid-19, kata dia, menggunakan  seluruh akun medsos anggota himpunan, mahasiswa dan dosen lalu mereka mengajak lagi teman mereka untuk ikut juga berdonasi.

“Kami melakukan penggalangan dana dengan menggunakan kekuatan sosial media yang dishare oleh masing-masing anggota dan juga akun IG, FB HIMA PPKn2020 dengan menggalang bantuan baik berupa uang tunai, pakaian bekas layak pakai, logistik dan lainnya yang sangat dibutuhkan oleh korban bencana alam,” tuturnya.

Nuraeni juga mengatakan, kegiataan hima berbagi mereka niatkan tak berumur pendek. Apalagi di tengah cuaca ekstrem yang diprediksi bakal terus mengintai dalam beberapa pekan ke depan, tentu banyak potensi kebencanaan yang membutuhkan kegotongroyongan sesama warga negara untuk melaluinya.

Ia juga berterimakasih kepada para donator yang telah mempercayakan penyaluran donasi melalui himpunan mahasiswa PPKn UBP Karawang. “Termasuk kepada para pihak yang membantu penyaluran bantuan baik yang di Karangligar, di Subang, juga rekan-rekan mahasiwa di Banjarmasin yang juga sudah memfasilitasi bantuan kami untuk saudara-saudara yang terdampak bencana di Barbai,” katanya.

“Membangun komunikasi antara HIMA dengan DPM (Dosen Pendamping Mahasiswa) menjadi kekuatan bagi kami dalam menjalankan semua program kerja HIMA PPKn2020 yang selalu disupport, dibimbing dan diarahkan oleh beliau,” timpalnya menceritakan bantuan dosen pada kegiatan kemahasiswaan di Hima PPKN UBP Karawang.

Sementara itu, DPM HIMA PPKn UBP Karawang, Lusiana Rahmatiani  mengungkapkan rasa senangnya bisa mendampingi para mahasiswa menghimpun sekaligus menyalurkan bantuan ke tiga lokasi bencana terpisah. Dua di antaranya, di Karawang dan Subang bahkan dikawal langsung penyalurannya oleh para mahasiswa.

“Saya sangat bersyukur bisa bekerjasama sangat baik dengan HIMA PPKn2020 yang diketuai oleh ananda Nuraeni dan kawan-kawan yang begitu ektra dan gigih berjuang mengumpulkan donasi, mencari informasi hingga penyaluran donasi bantuan bencana alam. Kegiatan HIBA ini dapat sukses berkat support dan partisipasi yang tinggi dari berbagai pihak,” tuturnya.

“Kegiatan yang HIMA PPKn2020 lakukan semata memiliki tujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian sosial, kepedulian sesama atas rasa kemanusiaan yang harus kami pupuk dalam diri agar dapat mencerminkan nilai pancasila sebagai jatidiri bangsa Indonesia, menjadi generasi muda bangsa yang memiliki rasa empati tinggi dan bertanggungjawab untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dalam pengabdian kepada masyarakat,” timpal Lusi.

Koorprodi PPKn UBP Karawang, Yogi Nugraha juha menyambut semringah apa yang setelah dilakukan para mahasiswanya. Ia berharap, ke depan banyak kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya yang bisa dilakukan para mahasiswa, baik yang bersifat akademis, maupun sosial-kemasyarakatan.

“Saya sangat mendukung HIMA PPKn2020 dengan program kerja HIBA yang menjadi wadah dan ruang dalam kegiatan berbagi kepada sesama. Ini menjadi tonggak awal bagi Prodi PPKn melalui kegiatan HIBA HIMA PPKn2020 dalam mempersiapkan kegiatan-kegiatan besar lainnya ke depan yang bersifat kemanusiaan,” tukasnya. (rls/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here