METRO KARAWANG-Khansa Mardhiyah mustajabah Komara memang masih berstatus mahasiswa aktif di Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika). Namun, berkat kerja keras dan kegigihannya, Alumnus Duta Genre Karawang tahun 2018 itu, kini sudah jadi bagian dari Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang.

Khansa mengaku tak pernah menyangka, jika keaktifannya mengikuti berbagai organisasi semasa SMA dulu, bisa berbuah manis di Duta Genre Karawang.

Pada Tahun 2018 lalu, Kansha bersama empat rekannya, menjadi wakil Karawang dalam kontestasi Duta Genre Jawa Barat. Meskipun tak berbuah manis di kompetisi itu. Namun, kini Kansha bisa duduk manis di salah satu ruangan Kantor DPPKB Karawang, sebagai Tenaga Harian Lepas (THL) non PNS.

“Awal aku masuk Genre itu 2018. Waktu itu Genre belum setenar sekarang. Aku di ajak sama teman SMA untuk daftar. Ternyata disini banyak ilmu yang bermanfaat, jadi aku tertarik. Dan alhamdulillah, waktu itu menang dan jadi wakil Karawang ke Jawa Barat,” kata Khansa, Sabtu, (11/7) kepada OnlineMetro.id

Dara cantik berusia 22 tahun itu, kini jadi bagian DPPKB dan Duta Genre sekaligus tanpa terpisahkan. Kansha yang hobi mengikuti organisasi dan memiliki banyak talenta, mengaku sangat tepat berada di ruang lingkup DPPKB Karawang.

Pasalnya, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana memiliki sejuta program yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Seperti, edukasi keluarga, edukasi remaja, hingga ilmu komunikasi.

“Awal tahun 2020 aku masuk ke DPPKB Karawang. Ditempatkan jadi THL di Bidang PPK. Jadi ilmu yang aku dapat di Genre, bisa diterapkan sekarang saat berdinas,” ungkapnya.

Disinggung soal cita-cita, Khansa mengaku saat ini masih fokus dengan membantu mensukseskan program-program DPPKB Karawang. Soal kemungkinan jadi PNS, kata Kansha, ia mengaku mempunyai keinginan itu. Namun, selain jadi PNS, Kansha juga punya cita-cita lain.

“Aku sambil kuliah aktif hampir di semua kegiatan. Jadi atlet sudah, jadi wartawan pernah, jadi penyiar juga pernah. Tapi kalau bisa tercapai, aku mau jadi dosen,” ujar Mahasiswi Unsika jurusan Ilmu Komunikasi itu.

“Ya soalnya jadi dosen itu sudah sangat cocok sama visi aku. Dengan jadi dosen, aku bisa bebas eksplore kegiatan ku, sambil menularkan ilmu yang bermanfaat. Makanya, aku cita-cita mau kejar S2,” timpalnya.

Lahir dari pasangan tenaga pendidik, Khansa mengaku sangat ingin jadi seperti ibunya. Namun, bukan sebagai tenaga pengajar honorer. Akan tetapi, sebagai dosen yang mengajar di perguruan tinggi ternama di Indonesia.

“Aku punya prinsip, meskipun aku wanita tapi harus bisa berdiri di kaki sendiri. Jangan sampai bergantung pada orang lain. Perbanyaklah teman, dengan itu kita bisa jadi besar,” ucapnya.

Khansa mencatat, ada banyak sekali orang yang berjasa dalam hidupnya. Selain ke dua orang tuanya, para pejabat di DPPKB Karawang pun, jadi sejarah dari kisah sukses Kansha Komara, dari Duta Genre yang kini dinas di Kantor DPPKB Karawang.

“Terima kasih banyak buat Bu Sofiah, Pak Imam, Ayah Dodo, Pak Warja, dan Duta Genre Karawang. Mereka semua adalah orang-orang hebat buat saya,” pungkasnya.

(Wahyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here