METRO KARAWANG – Sebanyak 60 warga Desa Ciptamargi, Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang keracunan massal usai makan udang olahan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Nanik Jodjana saat dihubungi, Selasa (21/7).

“Mereka dilarikan ke puskesmas karena mual-mual akibat memakan udang olahan yang dijual pedagang keliling,” kata dia, Selasa (21/7).

Nanik menyebut ada 23 orang yang dirawat di Puskesmas Kertamukti, Puskesmas Tempuran (11 orang), Klinik Tempuran Medika (2 orang), dan 24 orang rawat jalan. “Sejauh ini belum ada penambahan,” ujar dia.

Meski begitu, sambung Nanik, pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium untuk mengetahui penyebab pasti keracunan massal tersebut. “Kita belum tahu apakah karena udang olahan atau makanan lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekcam Cilebar, Surisno menuturkan, warga yang keracunan mengeluh mual, muntah dan diare. Diduga akibat udang baladi yang dijajakan sudah membusuk dan basi.

Namun kata dia, sejumlah pasien mulai beramgsur pulang dari rawat inap, sementara kasus ini dalam penyidikan kepolisian.

“Sebagaian sampel sudah diambil oleh Dinkes Karawang seperti oseng udang olahan yang dijual, muntahan korban. Hal itu untuk mengetahui detail kesimpulan keracunan masal tersebut,” pungkasnya.

(Firmansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here