METRO KARAWANG-Sebanyak 570 bakal calon (balon) kepala desa, dari 177 desa yang bakal melaksanakan Pilkades serentak tahun ini. Dijadwalkan mengikuti test kesehatan dan narkoba, mulai Selasa, (5/12) besok di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang.

Kepala DPMD Karawang, Agus Mulyana menuturkan, pelaksanaan test kesehatan dan narkoba yang difasilitasi Pemkab Karawang itu, bakal menerapkan protokol kesehatan ketat.

Karena itu, pihak mengimbau. Agar para balon kades datang ke Kantor DPMD Karawang secara pribadi tanpa orang yang mengantar. Selain itu, diimbau pula agar para balon kades ini datang sesuai jadwal yang ditentukan dan tepat waktu.


“Untuk jadwal sudah disebar ke panitia Pilkades masing-masing. Balon kades bisa bertanya ke panitia desa untuk jadwal rincinya,” ujar Agus Mulyana, kepada Onlinemetro.id, Senin, (4/12) di kantornya.

Agus melanjutkan, pelaksanaan test kesehatan dan narkoba dilaksanakan selama 8 hari. Mulai tanggal 5 sampai 13 Januari 2021. Dengan menggunakan sistem 2 sesi, dimana sesi satu mulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB. Dan sesi ke 2 dimulai pukul 13.00 WIB sampai 16.00 WIB. 

“Dalam satu hari dijadwalkan 76 balon kades. Dimana setiap jam rata-rata hanya 12 orang. Sistem ini dibuat untuk menghindari kerumunan,” jelasnya.

Ia menambahkan, agar dalam proses test kesehatan dan narkoba ini. Para balon kades membawa sejumlah persyaratan yang diminta panitia. Diantaranya, surat pengantar panitia Pilkades, Fotocopy KTP, dan Fotocopy KK.

“Hanya pemeriksaan kesehatan, tidak ada rapid atau swab test,” tandasnya. (Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here