METRO KARAWANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karawang, mengklaim aplikasi E-Dukcapil sebagai pelayanan masyarakat mendapat respon baik. Satu di antaranya, pembuat KK, KTP , Akta Kelahiran dan pindah datang mencapai 500 orang melalui aplikasi tersebut.

Plt Kepala Disdukcapil Karawang, Yudi Yudiawan mengatakan, aplikasi E-Dukcapil sudah berjalan dengan baik. Hanya saja kendalanya di jaringan.

“Sudah cukup banyak yang membuat KK, KTP dan Akta melalui aplikasi,” kata dia, Rabu (23/9).

Yudi mengatakan, untuk persyaratan seperti biasanya dimasukan melalui aplikasi. Kemudian diproses sampai dua atau tiga hari. Nanti di aplikasi ada pemberitahuan waktu dan hari untuk pengambilan.

“Masyarakat cukup dirumah saja mengisi persyaratan. Nanti ke Disdukcapil setelah jadi saja. Pemberitahuan ada di aplikasi,” jelas dia.

Bagi yang belum mengerti, Yudi menyediakan tempat konsultasi dan informasi di Disdukcapil. “Khawatir ada masyarakat yang belum mengetahui, atau perlu informasi kami siapkan di Disdukcapil,” ujarnya.

Selain itu, ada masyarakat yang tidak memiliki handphone bisa meminta bantuan ke perangkat desa atau kecamatan.

“Saya imbau dari desa dan kecamatan bisa membantu masyarakat yang belum mengetahui. Juga membantu sosialisasikan,” pungkasnya.

(Firmansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here