METRO CIKARANG – Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, kunjungi Puskesmas Cikarang Utara untuk simulasi pemberian vaksin Covid 19 ke masyarakat pada Kamis (19/11/20). 

Kegiatan ini terkait semakin dekatnya rencana pemerintah pusat untuk pemberian vaksin demi memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf menuturkan bahwa pemerintah sudah menerbitkan Keputusan Presiden No. 18 Tahun 2020 tentang tim nasional percepatan pengembangan vaksin. 

“Jadi tim ini diharapkan melakukan penyiapan, pendayagunaan peningkatan kapasitas serta kemampuan nasional dalam mengembangkan vaksin,” tegas dia.

Menteri Kesehatan dr Terawan manambahkan pihaknya telah menyiapkan semuanya simulasinya dan jumlahnya di puskesmas ini selama masa pandemi. “Dari titik mulai pendaftaran, pengecekan kesehatan apakah layak atau tidak untuk diberikan vaksin,” ucap dia.

Sementara itu, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, menuturkan, simulasi yang digelar diharapkan bisa membuat kesiapan vaksinasi di wilayahnya lebih matang. 

“Mudah-mudahan dengan adanya simulasi ini nanti pada waktu pelaksaan sudah siap. Bukan hanya di puskesmas tapi di tempat lain yang memenuhi syarat untuk dilakukan vaksin,” terang dia.

Eka menuturkan, Pemkab Bekasi saat ini telah menyiapkan tenaga medis untuk vaksinasi. Pihaknya tinggal menunggu kapan vaksin tiba di Kabupaten Bekasi. “Semua tenaga medis sudah kita siapkan, tinggal menunggu kapan vaksin datang,” terangnya.

Pemerintah pusat telah menetapkan pemilihan lokasi simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tanah Sereal dan Puskesmas Cikarang, karena mempertimbangkan kepadatan penduduk dan tingginya risiko penularan Covid-19 di kedua wilayah tersebut.

(Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here