METRO CIKARANG – Wakil Presiden (Wapres) KH. Maruf Amin mengatakan, jelang pendistribusian vaksin Covid-19 di Indonesia yang direncanakan pada Desember mendatang.

Di mana, pemerintah akan melihat simulasi vaksinasi yang dilakukan di Puskesmas Tanah Sareal Bogor, dan Puskesma Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

“Jadi simulasi vaksinasi ini merupakan bagian dari pada persiapan pelaksanaan dari pada vaksinasi secara keseluruhan yang sudah direncanakan oleh pemerintah. Jadi ada beberapa persiapan yang harus disiapkan agar vaksinasi berjalan dengan baik,” kata Ma’ruf dalam kunjungan ke Puskesmas Cikarang, Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Kamis (19/11/2020).

Selain proses vaksinasi, sambung dia, perlu dipersiapkan data-data siapa saja yang bakal diberikan vaksin terlebih dahulu. Tak hanya itu, limbah bekas vaksin juga harus benar-benar dapat ditangani dengan baik.

“Ya bagaimana limbah vaksin yang banyak itu harus ditangani, itu bagian dari semua persiapan-persiapan saya kira itu,” terang dia

Dalam kesempatan itu, Maruf Amin berkeliling melihat simulasi proses vaksinasi Covid-19 sambil mendengarkan paparan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny.

Tahap demi tahap Wapres mengamati dan memastikan standar operasional dan prosedur vaksinasi dijalankan dengan baik mulai dari pendaftaran peserta, screening (pemeriksaan) kesehatan dasar peserta, penyuntikan vaksin, hingga observasi setelah vaksinasi.

Hadir dalam kegiatan itu Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

(Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here