METRO CIKARANG – Adanya wacana meminimalisir penyebaran covid-19 di Pilkades dengan cara memperbanyak TPS bukan satu-satunya pilihan. Ada cara yang ditawarkan agar Pilkades benar-benar efektip tak ada penyebaran covid-19.

Mantan Ketua Forum Badan Permusyawaratan Desa (F-BPD), Zuli Zulkifli menilai, salah satu cara efektip meminimalisir penyebaran covid adalah dengan cara penerapan pilkades dengan system elektornik.

“Saya yakin dengan cara pemilihan elektonik ini, pemilih pun tidak bejubel di TPS, tetapi bisa dialihkan di tempat-tempat yang memang telah ditentukan untuk penerapakan elektoniknya,” jelas Zuli.

Misalnya saja, pemilihan elektronik bisa ditempatkan di kantor desa. Selain itu juga warga tidak harus menunggu antrean panjang Karena bisa dilakukan ditempat-tempat yang telah dipasang system digitalisasi pemilih.

Selain itu, system elekronik juga bisa meminimalisir anggaran Pilkades. Berbeda dengan memperbanyak TPS, anggaran Pilkades tentunya bakal bertambah dan tak efektip dimasa pandemic covid ini.

“System elektornik ini lebih murah anggarannya dibanding banyak TPS, perbanyak TPS kan bukan hanya banyak tempat saja tetapi juga personel yang mengunggunya juga,” tambahnya.

Makanya, Zuli memberikan masukan kepada Pemkab Kabupaten Bekasi agar Pilkades sudah saatnya menerapkan system elektonik. Meskipun sempat gagal, Pilkades dengan system elektonik bisa terapkan kembali asalkan dilakukan dengan persiapan yang matang.

“Daerah Bogor saja Pilakdes sudah diterapkan system elektronik, masa di Kabupaten Bekasi tidak bisa. Ini kan yang menjadi pertanyaan,” tandasnya. (uzi/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here