METRO CIKARANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, memastikan bakal menutup jalan akses ke tempat pembuangan sampah di sepanjang Kali CBL (Cikarang Bekasi Laut), Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan.

“Langkah jangka pendek yang akan kita ambil yakni penyetopan dan penutupan jalan akses pembuangan sampah,” tegas Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Abdur Rofiq, belun lama ini.

Selain itu, sambung dia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat akan melakukan pendekatan ke masyarakat dan pengelola perumahan sekitar yang selama ini membuang sampah rumah tangga ke kali tersebut. “Ya supaya (mereka,red) membuang sampah ke tempat yang disiapkan dan dikelola oleh pemerintah,” imbuh mantan Kadis Perdagangan itu.

Meski begitu, Rofiq menyebutkan, Pemkab Bekasi akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti BBWS sebagai pemilik tanah, PJT II, Waskita Karya dan PT. Jasa Marga. Karena menurut dia, wilayah tersebut sedang berlangsung pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

“Kita berkoordinasi dulu dengan pihak-pihak lain karena itu area mereka. Apakah mereka punya rencana akan wilayah tersebut. Karena disitu bukan hanya ada proyek daerah, tetapi juga sedang berlangsung proyek pusat berskala nasional yang harus kita amankan juga,” ujarnya.

Terkait sanksi akan adanya pembuangan sampah, Rofiq mengatakan harus ada penegakan aturan yang tegas. “Kita serahkan kepada PPNS yang kita punya, yakni Satpol PP. Yang pasti bahwa aturan harus kita tegakkan. Tetapi kita juga harus paham kesulitan masyarakat dalam membuang sampah, ini harus kita arahkan. Manakala ada pelanggaran, aparat penegak hukum harus siap untuk menindaknya,” tukas dia. 

(Jio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here