BANSOS: Penanggung jawab (PJ) Kepala Desa Wibawamulya Ganda, foto bersama dengan KPM BLT dana desa, Kamis (16/7)

METRO CIKARANG – Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Dana desa (DD) tahap pertama pada bulan ketiga di Desa Wibawamulya, Kecamatan Cibarusah, dilakukan secara non tunai lewat transfer ke rekening masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM). Langkah ini dilakukan sebagai bentuk mencegah penularan covid-19 dengan kerumunan.

Penanggungjawab (Pj) Kepala Desa Ganda Sasmita menyebutkan, jumlah KPM di desanya mencapai 248 dengan pagu anggaran Rp 449 juta atau 35 persen dari DD. BLT DD tahap pertama Mei, Juni dan Juli ini diberikan kepada warga yang terdampak pandemi.

“Ya tadi (kemarin,red) saya habis tandatangani untuk pencairan BLT yang ketiga. Jadi tidak adalagi warga yang ngumpul di desa,” katanya kepada Cikarang Ekspres, Selasa (21/7).

Untuk penyaluran BLT tahap kedua, yakni Juli, Agustus dan September. Menurut Ganda, penyalurannya pun harus musyawarah desa (Musdes) terlebih dahulu karena ada perubahan anggaran.

“Kalau jumlah KPM tidak ada perubahan tapi ada perubahan anggaran yang tadinya Rp 600 ribu dan kini di tahapan kedua sebesar Rp 300 ribu selama tiga bulan, yakni Juli ,Agustus dan September,” tuturnya.

Kebijakan tersebut tertuang dalam peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07 2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Sebelumnya, dalam Rapat Minggon Kecamatan, Rabu (15/7) Camat Cibarusah Muhammad Kurnaefi meminta kepada para Kepala Desa se-Kecamatan Cibarusah untuk menyelesaikan penyaluran BLT tahap pertama selesai di bulan Juli.

“Rata-rata pendistribusian BLT di wilayah Kecamatan Cibarusah baru dua kali. Jadi saya tegaskan kepada para kades dan sekdes untuk menyelesaikannya di bulan Juli ini,” tandas dia.

(mil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here