ilustrasi

METRO CIKARANG – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada 31 Juli 2020, pemerintah telah memutuskan untuk memperbolehkan penyelenggaraan salat Idul Adha dan proses penyembelihan hewan kurban.

Hal ini tentu dilakukan dengan syarat yang memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Menteri Agama.

Tentu ada pengecualian-pengecualian yang harus diperhatikan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, dr. Alamsyah mengatakan Shalat Idul Adha di Kabupaten Bekasi diperbolehkan dilakukan di Masjid masing- masing sesuai surat edaran Menteri Agama.

“Untuk Idul Adha diperbolehkan shalat ied dan pemotongan kurban, tetap melakukan protokol kesehatan selama Shalat Ied seperti biasanya shalat jumat selama ini gunakan protokol kesehatan,” kata Alamsyah.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Sobirin mengatakan untuk pelaksanaan Shalat Ied atau Idul Adha wajib menggunakan protokol kesehatan.

“Udah ada surat edaran dari menteri dan dilanjutkan kami buat surat edaran sama dengan menteri,” kata dia. 

Terang dia, selama digelarnya Idul Adha tersebut agar panitia dan DKM masing masing wikayah kordinasi dengan Gugus Tugas Covid. 

“Artinya DKM dan panitia harus koordinasi dengan gugus tugas diatasnya untuk menjalankan protokol kesehatan,” katanya. 

Kemudian, untuk pemotongan kurban tahun ini berbeda seperti tahun lalunya, biasanya warga yang datang ke Masjid kali ini panitia yang mengantarkan kerumah warga tersebut.

“Untuk pemotongan kurban harus menghindari kerumunan dan orang banyak, untuk saat ini nanti panitia wajib yang menyerahkan kerumahnya masing-masing,” tuturnya. 

Iapun berharap agar semua warga Kabupaten Bekasi bisa menjalankan protokol kesehatan selama Idul Adha berlangsung.

“Himbauannya untuk shalat idul adha, umat islam harus menjadi contoh untuk masyarakat lainnya agar melakukan shalat idul adha dengan sesuai ajaran islam dan mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya.

(har/uzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here